Arsip Keluarga, Harus diapakannn???!!!!!

penyerahan hasil pengelolaan arsip keluarga ibu Surtini

Rancawuluh (18/7), Surtini (36) warga desa Rancawuluh RT 03/ RW 02, Bulakamba, Brebes. Ia berprofesi sebagai pedagang dengan 2 orang anak yang masih bersekolah pada tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Sebagai orang tua yang memiliki dua anak yang masih bersekolah sering kali ia di haruskan untuk mengumpulkan surat-surat penting seperti Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk dan surat-surat lain yang di syaratkan oleh sekolah guna keperluan proses pendidikan. Adanya persoalan tersebut seringkali membuat Ibu Surtini harus bolak-balik membuka tumpukan dokumen yang terdiri dari berbagai dokumen untuk mencari dokumen yang dibutuhkan. Tidak jarang Ibu Surtini harus memilih dan memilah mencari dokumen yang diperlukan membutuhkan waktu yang tidak singkat karena letak dokumen yang tidak beraturan. Tata letak pengelolaan arsip keluarga yang menjadi satu tempat tanpa adanya klasifikasi dipengaruhi oleh ketidaktahuan dari ibu Surtini dalam mengelola arsip keluarga yang baik  dan benar sehingga memunculkan berbagai permasalahan dalam arsip-arsip keluarga seperti rusak, terselip, hilang, dsb.

            Berdasarkan pada pengalaman pribadi yang tidak mempunyai pengetahuan yang baik dan benar dalam mengelola arsip keluarga, ibu Surtini bersyukur dengan adanya program dari KKN Tim II Undip 2020 di Desa Rancawuluh RT 03/ RW 02 untuk mengelola arsip keluarga menjadi lebih rapi, efektif dan efisien sehingga memudahan dalam mencari dokumen yang dibutuhkan.

hasil pengelolaan arsip keluarga

Pengelolaan arsip keluarga oleh Tim II KKN Undip 2020 diikuti sebanyak 8 keluarga. Kegiatan  ini dilakukan sebagai upaya dalam pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan melalui pengelolaan arsip keluarga dengan cara pemberian klasifikasi dan pembuatan daftar arsip yang dimiliki oleh keluarga untuk kemudian dibukukan menjadi satu dalam satu tempat (clear holder) sehingga memudahkan dalam mencari arsip yang dibutuhkan dengan cara melihat daftar arsip keluarga. Selain itu tersedianya tabel kosong pada daftar arsip keluarga dapat dimanfaatkan jika dikemudian hari terdapat arsip baru sehingga pengelolaan arsip dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan.

penulis: Sri Rahayu

Ed. Ir. Bambang Sulistiyanto, M.Agr.Sc., Ph.D., I.P.U.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *