Mahasiswa Undip Adakan Pelatihan Excel, Perangkat Desa: Sangat Bersyukur

Campursalam, Temanggung (29/7) – Dalam rangka meningkatkan sumber daya aparatur perangkat desa, salah satu mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Tim II Periode 2020 mengadakan pelatihan dasar Excel untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) poin keempat yaitu Pendidikan Bermutu. Kegiatan ini diadakan selama 2 hari yaitu tanggal 29 Juli 2020 dan 3 Agustus 2020 di Balai Desa Campursalam.

Pada hari pertama kegiatan tersebut diikuti oleh 8 peserta dengan rentang usia 40 – 60 tahun. Pelatihan dimulai pukul 10.00 – 13.00 WIB yang dibagi atas tiga sesi yaitu pemaparan materi, tanya jawab, dan latihan. Mahasiswa KKN memaparkan tentang fungsi-fungsi Excel dan penggunaannya dengan mempraktikannya secara langsung di layar proyektor yang kemudian diikuti oleh para peserta di laptop masing-masing.

“Saya sering membuat laporan perhitungan di Excel namun masih harus menghitung secara manual di kertas karena tidak tahu sama sekali tentang rumus-rumus tadi. Untung ada pelatihan ini, saya sangat terbantu sekali,” ujar salah satu peserta.

Antusiasme peserta sangat terlihat saat mereka berlomba-lomba untuk mengajukan pertanyaan pada sesi latihan. Pada akhir kegiatan para peserta menyampaikan terima kasih kepada mahasiswa KKN dan berharap dapat diberi kesempatan pelatihan lagi di lain waktu.

Direview Oleh: Maharani Patria Ratna