MAHASISWA UNDIP BANTU DESA JATIBARANG LOR TERAPKAN NEW NORMAL

Brebes (22/07/20) – Mahasiswa KKN Undip di Desa Jatibarang Lor membuat modul SOP Pelayanan Publik di Era New Normal sebagai bagian dari program Penanganan COVID-19.

Program ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya memakai masker dan physical distancing saat berada di kantor pelayanan publik. Meskipun terdapat anjuran penggunaan masker di tempat umum, masih terdapat masyarakat yang datang ke Balai Desa Jatibarang Lor tanpa menggunakan masker. Saat ini Desa Jatibarang Lor berada di zona hijau. Akan tetapi, perlu adanya kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan khususnya di tempat umum agar tidak terjadi penambahan kasus.

Berangkat dari permasalahan di atas,  Mahasiswa KKN Undip membantu menarapkan new normal di Desa Jatibarang Lor sesuai dengan program protokol kesehatan pemerintah. Output program ini merupakan modul SOP Pelayanan Publik di Era New Normal yang berisi tentang karakteristik dan penanganan COVID-19, peran desa dalam pencegahan COVID-19, Protokol kesehatan di berbagai tempat seperti layanan publik, pasar tradisional, tempat ibadah, area pendidikan dll serta melampirkan berbagai infografis penting tentang pencegahan dan penanganan COVID-19. Modul ini diberikan kepada Kepala Desa Jatibarang Lor, Bapak Marsudi, S.Pd untuk bersama-sama diterapkan di wilayan Jatibarang Lor.

Selain pembuatan modul, program ini juga membuat poster “Kawasan Wajib Menggunakan Masker” sebagai pendukung adanya pelaksanaan new normal di Desa Jatibarang Lor. Mahasiswa juga membantu mensosialisasikan pentingnya penggunaan masker dan physical distancing kepada pengunjung Balai Desa.

Harapannya masyarakat dapat lebih memahami bahwa proses pelayanan publik juga harus tetap mengikuti protokol kesahatan. Selain itu, protokol kesehatan di tempat lain juga dapat diterapkan dengan baik demi kesehatan masyarakat.

Oleh: Masyhurah, FISIP, Universitas Diponegoro

Desa Jatibarang Lor, Kecamatan Jatibarang, Kab. Brebes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *