#XMahasiswa KKN Bersama Masyarakat Muncar Ubah Sampah Jadi Rupiah Dengan Gemas (Gemar Menabung Sampah)X-35-A-4#

Muncar, Susukan – Minggu, (26/7/2020). Sampah merupakan salah satu permasalahan yang selalu muncul dalam kehidupan bermasyarakat. Masyarakat di Desa Muncar cenderung menyukai hal yang cepat dan efektif seperti dengan cara membakar sampah secara langsung. Kebiasaan membakar sampah diakui masyarakat lebih efektif dan efisien, namun hal ini akan berdampak pada lingkungan yang terkena polusi udara dan juga semakin menumpuknya sampah dilingkungan ketika terjadi pembiaran terhadap sampah akan berdampak pada kesehatan di masyarakat.

Berangkat dari permasalahan Desa Muncar, Tim II KKN Undip mencoba mengatasi permasalahan sampah dengan berinisiasi membentuk sistem bank sampah di desa Muncar sebagai alternatif dalam pengelolaan sampah.

Bank Sampah ini dilaksanakan di salah satu rumah masyarakat Dusun Dukuhsari dimana Dusun ini menjadi sampel dalam penyelenggaraan bank sampah dengan melibatkan warga untuk bergotong royong mengumpulkan dan memilah sampah untuk selanjutnya ditabung. Setiap warga yang membawa  sampah bekas berupa kardus, plastik, serta kaleng dapat ditabung atau ditukar dengan sejumlah uang atau sembako sesuai dengan jumlah/timbangan sampah bekas yang dibawa. Bank sampah ini dilaksanakan rutin seminggu sekali.

Dalam pelaksanaan bank sampah ini terlihat warga cukup antusias yang dapat mendorong masyarakat menjadi Gemar Menabung Sampah. Adanya bank sampah ini dapat dijadikan solusi bagi warga agar semangat untuk menjaga lingkungan hidup serta menambah uang tabungan bagi warga sekitar.