#X KENALI ZAT MUDAH TERBAKAR INI SEBELUM ANDA MENYESAL X-40-B-4#

Selasa, 28 Juli 2020 – Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Pak Yitno adalah seorang warga Bulusan yang mengaku pernah mengalami kejadian yang tidak diinginkan berkaitan dengan api. Tepatnya 6 Tahun silam beliau tersengat api yang cukup besar di dapurnya. Api ini berasal dari makanan yang berlemak terbakar karna kelalaian beliau yang lupa mematikan api saat memanaskan makanan.

Api tersebut merupakan Golongan K, yang merupakan golongan ke-6 dari jenis jenis kebakaran berdasarkan penyebabnya. Golongan klas K ini disebabkan oleh bahan akibat konsentrasi lemak yang tinggi yang sangat sering ditemukan di dapur. Api jenis K ini penanggulangannya mirip seperti api klas B yang juga bahannya sering ditemui di dapur yaitu LPG, dan minyak goreng.

Foto saya dengan Pak Yitno

Pak Yitno mengaku ketika memadamkan api tersebut beliau menyiramkan air dari gayung sehingga api tersebut malah menyambar balik kearah Pak Yitno. Sedangkan untuk memadamkan api jenis K ini perlu diketahui bahwa tidak bisa dengan air bervolume melainkan air dalam bentuk kabut halus/spray sehingga api dapat lebih cepat padam dan tidak memakan korban.

Selain itu untuk memadamkan api tipe K ini dapat juga di persiapkan dirumah berupa tepung pemadam yang dapat ditemui di toko-toko kimia terdekat. Semua tipe api yang digolong-golongkan beserta cara penanggulangannya akan dirangkum dan dibuat sebuah buku pedoman oleh mahasiswa kkn undip agar dapat dengan mudah dibagikan kepada warga sekitar bulusan agar lebih aware terhadap bahaya api.