Berikan Variasi Edukasi PHBS, Mahasiswi UNDIP Buat Anak-Anak Ketagihan

IMG-20200724-WA0012

Batang (31/7) – Mahasiswi UNDIP telah melakukan serangkaian program kegiatan pada minggu ketiga pelaksanaan KKN. Tepatnya pada hari Jumat tanggal 24 Juli lalu, telah diadakan kegiatan edukasi kepada anak-anak pra sekolah hingga sekolah dasar di RT 01 RW 04 Desa Pasekaran, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang.

Kegiatan edukasi tersebut mengusung tema “PHBS” atau “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat”. Kegiatan tersebut dilakukan mengingat masih banyak anak yang bermain tanpa memperhatikan protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah. Kebanyakan anak memiliki karakter cenderung abai dan sulit untuk menunda berkerumun dengan anak seusianya, serta tidak betah dalam menggunakan masker dalam jangka waktu yang lama. Untuk itu, perlu dilakukan upaya pencegahan penyakit melalui tindakan lain yaitu dengan mengubah kebiasaan anak dalam beraktivitas sehari-hari.

Edukasi “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat” tersebut dilakukan dengan menitikberatkan pada materi kebersihan tangan dengan cuci tangan serta pentingnya berolahraga terutama di masa pandemi seperti saat ini. Pada saat kegiatan, dilakukan beberapa variasi dalam melakukan edukasi anak yaitu dengan bermain dan pemutaran video animasi dengan tujuan agar anak tidak merasa jenuh dan bosan selama penyampaian edukasi. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan mendapatkan antusiasme dari anak-anak. Proses kegiatan dimulai dengan melakukan pemutaran video animasi berbentuk cerita dan dilakukan dengan sesi tebak-tebakan seputar cerita untuk menciptakan suasana aktif dalam kegiatan. Kemudian dilanjutkan dengan peragaan langkah-langkah cuci tangan yang baik dan benar dan diakhiri dengan melakukan senam bersama.

IMG-20200724-WA0002
Proses pelaksanaan edukasi anak

Dengan diadakannya kegiatan tersebut diharapkan anak-anak dapat meningkatkan dan membiasakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat sebagai hal yang umum dilakukan sehari-hari. Disamping itu, agar anak-anak dapat mengetahui dan memahami pentingnya menjaga kebersihan diri agar terhindar dari bakteri dan virus, sehingga dapat berperan dalam upaya pencegahan COVID-19.

Oleh: Lidza Sa’adah (Fakultas Kedokteran – Keperawatan)
Editor: Ragil Saputra., S.Si., M.Cs