TEROBOSAN BARU, Begini Cara Membuat Ikan Asap Berkualitas Tanpa Harus Cemari Lingkungan

Paciran, Lamongan (26/07/2020), Produk olahan ikan asap tentunya sudah tidak asing lagi bagi warga Lamongan Jawa Timur. Banyak warga yang mengolah ikan hasil tangkapan menjadi ikan asap baik dikonsumsi sendiri maupun untuk usaha. Bahkan di Daerah Lamongan khususnya Kecamatan Paciran banyak ditemui penjual ikan asap, namun proses pengasapan yang dilakukan masih bersifat tradisional. Padahal proses pengasapan yang dilakukan secara tradisional memliki banyak kekurangan yaitu dapat menyebabkan pencemaran lingkungan serta produk yang dihasilkan kurang sehat diantaranya mengandung senyawa karsinogenik yang dapat menyebabkan penyakit kanker. Kurangnya pengetahuan warga akan permasalahan tersebut maka perlu adanya sosialisasi untuk memperkenalkan kepada masyarakat tentang pengolahan ikan asap secara modern, yang dimana prosesnya tidak harus melalui pengasapan. Pada proses pengolahan ikan asap secara modern ini diharapkan para warga dapat memproduksi ikan asap yang berkualitas dan sehat, serta kebersihan lingkungan tetap terjaga yaitu dengan mengolah ikan asap menggunakan Asap Cair.

Pengaplikasian asap cair pada ikan

Untuk meminimalisir permasalahan tersebut, salah satu Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2020 berinisiatif melakukan program sosialisasi pengaplikasian Asap Cair sebagai pengganti proses pengasapan ikan yang masih dengan cara tradisional. Program sosialisasi ini dilaksanakan pada hari Minggu (26/07) secara door to door di Desa Sumurgayam, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Sasaran dari program kegiatan ini yaitu penjual ikan asap dan Ibu-Ibu warga Desa Sumurgayam.

Proses pembuatan ikan asap tanpa melalui pengasapan

Program kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan sendiri oleh Sufitya Fidayati dari Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2020. Pelaksanan kegiatan dilakukan dengan memperlihatkan asap cair dan membawakan taster kepada warga berupa ikan asap yang sudah diolah menggunakan asap cair tanpa melalui proses pengasapan. Selain itu warga juga dibagikan brosur tentang kegunaan asap cair beserta cara pengguaanya. Mahasiswa KKN menjelaskan proses pembuatan Asap Cair dengan memperlihatkan video proses pembuatannya serta mempresantasikan cara pengaplikasian asap cair pada ikan asap. Tahapan-tahapan yang disampaikan kepada warga yaitu sebagai berikut; pertama membersihkan ikan yang akan digunakan. Pembuatan larutan asap cair dengan konsentrasi asap cair 5% yaitu dengan mencampurkan asap cair 50 ml, air 950 ml, dan ditambah garam 50gr. Ikan direndam selama 1 jam, kemudian di oven selama kurang lebih 1 jam sampai berwarna coklat keemasan. Yang menarik dari Pengolahan ini yaitu pada pembuatan ikan asap tidak harus melalui proses pengasapan tetapi hanya dengan menggunakan oven, sehingga tidak menyebabkan pencemaran udara. Tujuan dari program ini diharapkan masyarakat dapat menerapkan proses pengolahan ikn asap dengan kualitas yang lebih baik dan sehat.

Sosialisasi cara mengolah ikan asap dengan asap cair
(Sumber : Galeri penulis)

Oleh    : Sufitya Fidayati, Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro