Wujudkan Good Governance, Mahasiswa KKN Undip Bantu Susun Prosedur Pengurusan Dokumen Kependudukan Desa

Banyuurip, Purworejo (1/8/20). Mahasiswi KKN Undip telah melaksanakan program Penyusunan Alur Pelayanan Dokumen Kependudukan dan Protokol Pelayanan Publik Balai Desa Sumbersari. Program ini merupakan salah satu bentuk tertib administrasi desa dalam kerangka Good Governance khususnya dimasa pandemi Covid-19. Program ini juga mendukung terwujudnya Sustainable Development Goals yaitu Partnerships for The Goals (kemitraan untuk mencapai tujuan) karena program ini mendukung terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik khususnya dalam bidang pelayanan publik dengan mengembangkan kemitraan antara pemerintah desa, masyarakat dan pihak ketiga dalam hal ini mahasiswi KKN Undip.

Penyerahan X-Banner Alur Pelayanan Dokumen Kependudukan Kepada Kasi Pemerintahan Balai Desa Sumbersari

Program ini dilakukan secara bertahap, pertama mahasiswi melakukan observasi terkait permasalahan administrasi desa. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di Balai Desa Sumbersari bersama dengan perangkat desa ditemukan masalah terkait dengan pelayanan dokumen kependudukan. Pelayanan surat pengantar desa sebagai salah satu bentuk pelayanan publik yang ada di Desa Sumbersari belum memiliki prosedur secara tertulis. Alur pelayanan hanya disosialisasikan kepada masyarakat melalui kepala dusun dan RT/RW. Kendala yang muncul di lapangan seringkali masyarakat tidak tahu bagaimana prosedur pelayanan surat pengantar desa. Untuk menyelesaikan masalah tersebut dibuatlah program Penyusunan Alur Pelayanan Dokumen Kependudukan dan Protokol Pelayanan Publik Balai Desa Sumbersari secara tertulis dalam bentuk X-Banner dan Banner.

Pemasangan Banner Protokol Pelayanan Publik Balai Desa Sumbersari

Program Penyusunan Alur Pelayanan Dokumen Kependudukan dan Protokol Pelayanan Publik Balai Desa Sumbersari secara tertulis dalam bentuk X-Banner dan Banner juga tidak dilakukan sendiri oleh mahasiswi KKN Undip. Mahasiswi KKN Undip bekerjasama dengan Perangkat Desa Sumbersari yaitu Kepala Desa, Sekretaris Desa, dan Kasi Pemerintahan dalam menyusun program ini. Dimulai dari koordinasi alur pelayanan dokumen kependudukan, syarat pendukung pengurusan dokumen kependudukan, penyusunan materi protokol pelayanan publik, hingga pembuatan desain banner dikerjakan bersama – sama.

Koordinasi Pelaksanan Program Dengan Perangkat Desa Sumbersari

Pada 28 Juli 2020 Program Penyusunan Alur Pelayanan Dokumen Kependudukan dan Protokol Pelayanan Publik Balai Desa Sumbersari selesai dilaksanakan. Pemasangan X-Banner Alur Pelayanan Dokumen Kependudukan dan banner Protokol Pelayanan Publik mendapat apresiasi dari perangkat desa dan masyarakat desa yang pada hari itu hendak mengurus beberapa dokumen kependudukan. Mereka merasa senang karena pemasangan X-Banner Alur Pelayanan Dokumen Kependudukan dan banner Protokol Pelayanan Publik sangat membantu dalam mengurus dokumen kependudukan karena prosedurnya sudah dibuat secara tertulis dan jelas.

Pemasangan X-Banner Prosedur Pelayanan Dokumen Kependudukan Balai Desa Sumbersari

Oleh : Melsa Adelia Maharani

Editor : Abdi Sukmono, ST.,MT