KKN UNDIP 2020 Target Market Pemasaran GOKING (Produk Asli Karang Taruna Kridatama Karakan)
Wonogiri, 02 Agustus 2020
Karakan adalah salah satu dusun kecil yang berada di desa Dlepih kecamatan Tirtomoyo kabupaten Wonogiri. Mayoritas penduduk di dusun ini bermata pencaharian sebagai pengrajin batu bata dan petani. Tak heran jika produksi beras di dusun ini bisa dikatakan turah timpah melimpah.
Namun, dalam kondisi pandemi seperti ini, masyarakat banyak yang mengeluh tentang perekonomian mereka. Pemesanan batu bata tidak seperti kondisi normal pada umumnya, sehingga penjualan batu batapun bisa dikatakan menurun.
Akan tetapi, hal ini sedikit terbantu dengan adanya program KKN yang dilaksanakan salah satu mahasiswa UNDIP jurusan ilmu ekonomi. yaitu Vudiya Hera Puspita yang mengajarkan kepada para pemuda tentang bagaimana bisa kreatif dengan belajar berwirausaha dari bahan-bahan yang tersedia di sekitar mereka.
Adapun program yang diajarkan tersebut adalah membuat pengolahan produk berbahan dasar nasi aking yang selama ini biasanya hanya digunakan sebagai pakan ternak. Setelah diolah, nasi aking ini dapat dipasarkan melalui penitipan ke warung-warung kelontong. Selain itu, para pemuda juga diajarkan bagaimana bisa mempromosikan produk yang dihasilkan melalui media sosial dengan sistem (pre order).
Target pasar dari penjualan produk ini adalah anak-anak, remaja, dewasa atau orang tua. Selain rasanya enak, harganyapun cocok untuk kondisi pandemi seperti sekarang. Produk ini tersedia 5 varian rasa. Barbeque, pedas manis, ayam bawang, balado dan original. Jika dilihat sejauh ini penjualan sudah cukup bagus. Ke depannya usaha ini akan dikembangkan lagi dengan sistem target, dimana masing-masing anak menjual produk “GOKING” sesuai target yang telah ditentukan, sehingga produksi akan terus berjalan dengan penjualan yang maksimal.
Penulis: Vidiya Hera Puspitasari, Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan UNDIP
Editor : Dra. Puji Astusti., M. Si