MAHASISWI KKN BERI MODUL PINTAR AGAR TIDAK SALAH PILIH MAKANAN!

Sumber: Kementrian Pertanian RI

Sleman, (28/7). Beberapa waktu yang lalu tersebar di pasaran mengenai adanya telur murah. Telur yang dijual tersebut memiliki harga yang cukup jauh daripada harga telur rata-rata. Setelah dilakukan penelusuran ternyata telur-telur murah tersebut merupakan telur infertile. Telur infertile adalah produk buangan dari breeding ayam broiler atau dari telur-telur yang tidak bisa ditetaskan. Telur infertile tidak disarankan untuk dikonsumsi masyarakat karena berbahaya.

Untuk memberikan pengetahuan mengenai pentingnya memilih bahan pangan yang tepat, mahasiswi KKN Undip membuat sebuah modul pintar. Melalui modul ini diharapkan masyarakat dapat lebih memilih bahan pangan yang layak konsumsi. Modul pintar ini berisikan kandungan nutrisi pada daging dan telur, ciri-ciri daging dan telur yang baik serta perbedaan macam-macam daging hewan.

Dalam waktu dekat ini dilaksanakan Idul Adha yang dilakukan dengan menyembelih kurban berupa hewan ternak sapi maupun kambing. Masyarakat perlu mengetahui perbedaan ciri-ciri pada daging kambing maupun daging sapi. Pemberian modul dan edukasi dilakukan dengan door to door untuk meminimalisir berkumpulnya warga desa dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pembagian modul ke warga

Penulis : Bernadeta Mega

Editor : Hendrik A.S.