Belajar Yochore Soran , Senam Tradisional Jepang

REPORTASE MINGGU KEDUA DESA ISER, PETARUKAN, PEMALANG

Belajar Yochore Soran , Senam Tradisional Jepang

2

Senam yang dilakukan bukanlah gerakan biasa, melainkan sebuah tari tradisional Jepang yang bernama Yochore Soran atau biasa disebut Yosakoi, sebuah tari tradisional yang biasa dilakukan saat nelayan merayakan festival atas panen Ikan yang didapat. Senam yang rutin dilakukan di sekolah adalah senam SKJ, namun karena senam yang akan dilaksanakan berbeda dari biasanya, dan murid-murid Sekolah belum mengetahui maka diadakan pelatihan terhadap beberapa anak agar dapat memberi contoh yang lain. Latihan dilaksanakan selama dua kali, yaitu ditambah dengan malam kamis.

Hari yang dinanti pun tiba, beberapa anak terlihat penasaran terhadap kakak-kakak KKN yang hadir lebih awal dari sebelumnya. Sembari menunggu anak-anak berkumpul, pengeras suara yang akan digunakan sebagai pengiring senam dipersiapkan agar suara yang dihasilkan dapat terdengar dengan maksimal oleh peserta senam.

Di lapangan, Peserta sudah berkumpul baik guru maupun murid, di depan sudah berdiri Wahyu selaku Instruktur senam, dan Efan yang membantu mengarahkan. Sebelum senam dimulai pemanasan dilakukan terlebih dahulu, dilanjutkan dengan senam Yosakoi sebagai senam inti. Selama senam berlangsung baik guru maupun murid terlihat semangat dan antusias mengikuti gerakan yang dicontohkan, bahkan murid-murid meminta senam dilakukan sekali lagi.

“ gerakan senam tersebut sebenarnya memang berirama cepat, bahkan sebenarnya gerakan yang saya contohkan sudah diperlambat, tapi tidak apa lah sekali-kali mereka merasakan senam yang berbeda “ ujar Wahyu selaku penanggung jawab dan instruktur senam Yosakoi .

Kegiatan tersebut pun diakhiri dengan foto Tim I KKN desa Iser dengan murid – murid kelas 4 SD yang terlihat ceria setelah ikut senam tersebut.