Resah dengan Limbah Rumah Tangga yang Menumpuk, Mahasiswa KKN UNDIP Memanfaatkan Limbah Cangkang Telur

Mataram (23/7/2020), Salah satu mahasiswa UNDIP yang kerap disapa dengan nama Abel dengan antusias mengajak masyarakat sekitar RT 6/RW  182, Kelurahan Tanjung Karang, Kecamatan Sekarbela, Mataram untuk sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan sekitar. Untuk mengurangi pencemaran lingkungan akibat penumpukkan limbah rumah tangga, Abel memanfaatkan limbah cangkang telur untuk dijadikan pupuk organik. Cangkang telur dapat dimanfaatkan sebagai pupuk karena memiliki kandungan 90% kalsium. Kandungan ini sangat baik untuk dimanfaatkan sebagai sumber nutrisi tanaman.

Pembuatan pupuk organik dari limbah cangkang telur ternyata sangat gampang! Bahan yang dibutuhkan hanya cangkang telur saja,lho! Cara membuatnya yaitu pertama dilakukan pemilihan cangkang telur kemudian dicuci bersih lalu direndam semalam dalam wadah. Kedua, jemur cangkang telur dibawah sinar matahari selama satu hari. Ketiga, cangkang telur yang sudah benar-benar kering dipindahkan ke wadah setelah itu diblender atau ditumbuk agar halus sampai menyerupai tepung lalu masukkan kembali kedalam wadah. Cara penggunaannya yaitu taburkan serbuk cangkang telur pada sekeliling tanaman ataupun daun yang terserah hama dan dapat pula dibenamkan 1 sdt ke dalam media tanam.

Penyebaran informasi ini dilakukan Abel dengan membagikan leaflet yang menarik dan informatif kepada masyrakat dengan metode “door to door”. Tak lupa, ditengah era pandemi COVID-19 ini Abel senantiasa mengajak masyarakat untuk mentertibkan protokol kesehatan dimana dan kapanpun dengan selalu mengenakan masker dan melakukan physical distancing. Oleh karena itu, diharapkan masyarakat dapat menerapkan pembuatan pupuk organik yang ramah lingkungan secara langsung pada kehidupan sehari-harinya dan dapat melakukan yang kegiatan positif selama masa pandemi COVID-19.

Penulis: ABELINA NABILA LESTEIN WOHON

Editor: Diar