Produktif di Masa Pandemi : Peluang Usaha Aquascape
Batang (02/08/2020) – Dampak yang masih terasa hingga sekarang dari adanya pandemi COVID-19 adalah dilakukannya pembatasan kegiatan masyarakat. Masyarakat cenderung menghabiskan waktu dengan berdiam diri di rumah dengan rutinitas yang sama dalam jangka waktu yang cukup lama hingga masa pandemi berakhir. Menghabiskan hari dengan rutinitas yang sama dalam waktu yang cukup lama jelas menyebabkan kebosanan dan kejenuhan yang kian hari makin meningkat. Sehingga, masyarakat mencoba melakukan beberapa kegiatan untuk mengurangi kejenuhan. Beberapa kegiatan yang dilakukan masyarakat antara lain adalah kegiatan bersepeda yang sedang digandrungi sekarang ini dan Aquascape yang sedang menjadi trend.
Aquascape merupakan salah seni menghias akuarium yang dibuat dengan mengkombinasikan berbagai tanaman hidup, organisme akuatik (ikan hias, udang, dan sebagainya), serta ornamen-ornamen alam seperti batu dan ranting hingga membentuk suatu ekosistem yang seimbang di dalamnya. Singkatnya Aquascape adalah replika dari suatu ekosistem yang memiliki nilai estetika dan nilai jual. Aquascape saat ini sangat populer di Facebook dan Instagram, terutama dikalangan pecinta ikan hias. Aquascape sebenarnya bukanlah trend baru, Aquascape sudah berkembang dan akrab dengan masyarakat menengah ke atas dan para hobies. Aquascape mulai dikenal oleh masyarakat luas pada tahun 2010 dan terus meningkat hingga sekarang. Melalui wawancara yang dilakukan dengan pelaku usaha perlengkapan Aquascape, minat masyarakat terus meningkat sejak tahun lalu dan di masa pandemi ini, bahkan sudah terjadi peningkatan jumlah toko yang menjual perlengkapan Aquascape.
Salah Satu Toko Peralatan dan Perlengkapan Aquascape
Naiknya minat masyarakat akan Aquascape dan ikan hias menjadi peluang wirausaha yang dapat dimanfaatkan saat masa pandemi ini, selain untuk mengisi waktu selama masa kebijakan social dan physical distancing. Sasaran yang paling tepat untuk memanfaatkan peluang usaha ini adalah remaja desa. Selain karena mereka tidak memiliki kegiatan lain selain belajar, kemampuan mereka dalam mengikuti perkembangan trend Aquascape menjadi poin lebih dalam mengembangkan potensi wirausaha mereka. Remaja umumnya memiliki tingkat kreativitas yang tinggi dengan inovasi untuk mengikuti perkembangan trend, serta kinerja yang baik sehingga sangat cocok untuk menjalankan usaha ini.
Proses Pembuatan Aquascape
Hasil Akhir Aquascape yang Dibuat
Melalui identifikasi peluang usaha, mahasiswa KKN Undip melakukan kegiatan pembuatan Aquascape bersama remaja lingkungan RT 04 RW 03 Desa Ujungnegoro, Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang (01/08) disertai dengan edukasi terkait dengan materi dan pemasaran Aquascape. Edukasi yang diberikan meliputi pengetahuan dan ilmu dasar komponen dan fungsi komponen Aquascape, komponen apa saja yang harus ada dan yang dapat dihilangkan, peluang usaha Aquascape yang ada saat ini, daya tarik Aquascape yang memiliki nilai jual, hingga strategi singkat tentang pemasaran yang dapat dilakukan untuk menjual Aquascape. Harapannya, remaja lingkungan dapat menyadari potensi diri dan dapat membaca peluang usaha yang ada selagi menghadapi masa pandemi.
Oleh : Khafidhotul Khasanah-Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan-Akuakultur
Editor : Ragil Saputra, S.Si., M.Cs (Dosen KKN)