Mahasiswa KKN UNDIP Bentengi Anak-Anak dengan Ilmu Dasar Cuci Tangan dan Sikat Gigi

Grobogan  (28/07/2020) – Pelaksanaan KKN TIM II UNDIP tahun 2020 mulai tanggal 5 Juli-15 Agustus 2020 ini berlangsung di tengah kondisi mewabahnya COVID-19 sehingga pelaksanaan KKN dilaksanakan di daerah sendiri atau disebut KKN Pulang Kampung. Pada kondisi seperti ini, para mahasiswa harus tetap melaksanakan tanggung jawabnya dalam pelaksanaan setiap program yang telah direncanakan. Akan tetapi, tetap memperhatikan protokol kesehatan sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19.

Salah satu program mandiri KKN TIM II UNDIP yang dilakukan oleh Meuthia, mahasiswa KKN UNDIP tim Grobogan ini yaitu Edukasi cuci tangan dan gosok gigi sesuai anjuran World Health Organization (WHO) kepada anak-anak. Mengingat bahaya yang berasal dari Virus Covid-19, anak-anak tak luput dari korban virus ini. Oleh karena itu, kegiatan mencuci tangan sangat penting di masa sekarang sebagai langkah preventif pencegahan COVID-19. Pelaksanaan program memakan waktu kurang lebih selama dua jam. Acara yang berjudul “Edukasi cuci Tangan gan gosok gigi yang benar kepada anak-anak di RT 05 RW 02 Terkesi Utara, program ini diikuti sekitar 15 anak-anak di Lingkungan RT 05 RW 02 di desa Terkesi, Kecamatan Klambu, Kabupaten Grobogan yang berusia antara 6 hingga 10 tahun.

Mahasiswa jurusan Kedokteran Undip ini memilih menggunakan lagu ketika memberikan edukasi mengenai cuci tangan kepada anak-anak. “saya memilih menggunakan lagu supaya anak-anak ini mudah mengingat dan lebih semangat dalam mengikuti acara ini” ujar perempuas 20 tahun ini.  Dan  pelaksanaan program ini juga menghadirkan video interaktif yang membantu anak-anak lebih memahami cara gosok gigi dengan baik dan benar. Dalam proses mengikuti edukasi ini, anak-anak terlihat sangat antusias saat mempraktikkan cuci tangan dengan nyanyian. Video interaktif tersebut menayangkan bagaimana gosok gigi yang benar sesuai dengan standar yang ada dengan menggunakan lagu anak-anak.

Pada kegiatan ini Meuthia (20) mengemas acara semenarik mungkin, dengan memberikan beberapa games dan tanya jawab seputar pelajaran anak SD supaya mereka tetap bisa belajar pelajaran juga. Tidak lupa memberikan mainan dan makanan ringan yang dibagikan kepada anak-anak sebagai hadiah untuk mereka yang telah melakukan cuci tangan secara benar. Selain itu, anak-anak juga diberikan masker sebagai alat pelindung alternatif yang bertujuan untuk menghindari Virus Covid-19 dan paket gosok gigi yang berisi sikat gigi dan pasta gigi supaya mereka lebih senang dalam menggosok gigi.

Program ini bertujuan untuk membuat anak-anak di lingkungan RT 05 RW 02 di desa Terkesi ini mudah memahami cara mencuci tangan dan membuatnya sebagai rutinitas yang menyenangkan untuk dilakukan setelah aktivitas bermain, sebelum makan, batuk, dan bersin. Lebih lanjut lagi, program ini memberi penjelasan mengenai pentingnya menjaga kebersihan dimulai dari diri sendiri. Mencuci tangan bagi anak-anak bukan merupakan tugas yang wajib mudah karena mereka harus diajarkan dengan benar. Melalui kegiatan ini, diharapkan anak-anak  di lingkungan RT 05 RW 02 di desa Terkesi dapat melakukan praktik cuci tangan yang benar, mengutamakan kebersihan dalam pencegahan Covid-19, dan menggunakan air secukupnya selama mencuci tangan agar air tidak terbuang dengan percuma. Kegiatan mencuci tangan bisa menjadi kebiasaan sehat jika mulai diajarkan sejak usia dini. Selama pandemi global, salah satu cara termudah dan cukup penting untuk mencegah penyebaran virus adalah dengan mencuci tangan sesering mungkin dengan sabun dan air.

oleh : Meuthia Rizqi Zanuba Zaffa/Fakultas Kedokteran/22010117140109 Dosen Pembimbing : Ir. Wahju Krisna Hidajat, MT