Angka Positif Covid-19 Meningkat di Denpasar, Mahasiswi Undip Lakukan Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru di Era Pandemi

Denpasar, Bali (26/7) – Ada yang berbeda dengan pelaksanaan KKN Undip tahun ini, dikarenakan wabah COVID-19 yang masif, maka dilaksanakanlah kegiatan KKN Tim II Periode 2019/2020 ini di daerah masing-masing mahasiswa Undip yang bertemakan “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid -19 Berbasis Pada tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGS)”. Sehubungan dengan itu, jumlah orang yang positif tertular virus COVID-19 di Denpasar semakin hari semakin banyak yang menyebabkan Denpasar menjadi Zona Merah penyebaran COVID-19. Dalam rangka mencegah angka penyebaran virus COVID-19 yang kian tak terkontrol, Mahasiswi Undip ini melakukan serangkaian kegiatan berupa sosialisasi door-to-door mengenai Adaptasi Kebiasaan Baru di era pandemi COVID-19.

(Pamflet Adaptasi Kebiasaan Baru di Era Pandemi)
Sumber: Galeri Penulis

Kegiatan ini dilakukan di wilayah Asrama Polisi Kreneng, Denpasar, Bali, yang menyasar kepada masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut, dalam hal ini adalah istri dan keluarga dari anggota Kepolisian Daerah Bali. Sosialisasi mengenai Adaptasi Kebiasaan Baru ini dilaksanakan secara door-to-door atau rumah ke rumah dengan cara membagikan serta menjelaskan pamflet mengenai apa -apa saja yang dilakukan untuk beradaptasi di masa pandemi ini. Misalnya saja, di dalam pamflet tersebut dijelaskan bagaimana cara menggunakan masker dengan baik dan benar mengingat masih banyak warga Denpasar yang abai dan terlihat sembarangan atau asal pakai dalam menggunakan masker, tentu ini beresiko dengan penularan virus COVID-19, tidak lupa dengan cara mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer yang benar. Dalam kegiatan sosialisasi ini, selain dijelaskan bagaimana cara membersihkan tangan dengan hand sanitizer yang baik dan benar, juga dibagikan hand sanitizer gratis oleh mahasiswa, selain untuk diperagakan bagaimana caranya membersihkan tangan, juga berguna untuk warga agar selalu taat dengan protokol kesehatan dan meningkatkan kesadaran untuk mencegah penyebaran virus ini. Kegiatan dilaksanakan secara door-to-door atau dengan metode sosialisasi rumah ke rumah ini dipilih karena mempertimbangkan bahwa berkerumun di masa-masa seperti ini bukanlah hal yang bijak, sebab dapat meningkatkan angka positif COVID-19 apalagi jika abai dengan protokol kesehatan yang dianjurkan. Pelaksanaan Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru yang diikuti dengan pembagian pamflet dan hand sanitizer ini disambut dengan baik oleh warga di wilayah Asrama Polisi Kreneng. Menurut salah satu warga, yakni Ibu Andre, kegiatan ini sungguh sangat bermanfaat dan dapat meningkatkan kesadaran warga Asrama Polisi Kreneng untuk senantiasa menjaga kebersihan, taat pada protokol kesehatan yang dianjurkan sehingga terhindar dari penularan virus COVID-19.

(Kegiatan Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru di Era Pandemi di Kediaman Ibu Andre, Asrama Polisi Kreneng, Denpasar, Bali)
Sumber: Galeri Penulis

Penulis: Annisa Riska Maulida, Fakultas Hukum

Editor: Diar