Sosialisasi Budidaya Ikan Skala Kecil yang Baik dan Benar untuk menyukseskan BUDIKDAMBER (Budidaya Ikan dalam Ember)

Tim II KKN Universitas Diponegoro (TIKA) telah melakukan menyelenggarakan Sosialisasi Budidaya Ikan Skala Kecil yang Baik dan Benar untuk menyukseskan BUDIKDAMBER (Budidaya Ikan dalam Ember di TOGA RW. 02 di Kelurahan Pedalangan yang didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan :

Dr. Dra. Wilis Ari Setyati, M.Si,

Gambar 1. Pemantauan BUDIKDAMBER (Budidaya Ikan dalam Ember)

pada Minggu (26/7). Kegiatan ini merupakan wujud dari pemberdayaan masyarakat yang mengacu pada pembangunan berkelanjutan dengan tujuan menjaga pangan bergizi untuk kesehatan ditengah pandemi COVID-19.  Adapun Sosialisasi Budidaya Ikan Skala Kecil yang Baik dan Benar untuk menyukseskan BUDIKDAMBER ialah suatu cara perawatan pada Budidaya ikan Lele yang merupakan lauk yang tinggi protein dan tumbuhan akuaponik seperti kangkung yang kaya akan nutrisi sehingga bisa hidup dengan baik. Budidaya Ikan Skala Kecil yang Baik dan Benar dilakukan dengan dengan membuat “BUDIKDAMBER Mandiri” dan menjaga kualitas air untuk mendukung hidupnya ikan Lele. Edukasi masyarakat tentang budidaya Ikan Lele skala kecil dan penanaman akuaponik dapat menjadi peluang usaha kecil di bidang makanan ataupun keluarga untuk memenuhi gizi pada tubuh.

Gambar 2. Sosialisasi Budidaya Ikan Skala Kecil yang Baik dan Benar

            Ibu-Ibu Kader dan masyarakat RW.02 mengikuti kegiatan Sosialisasi Budidaya Ikan Skala Kecil yang Baik dan Benar dengan sangat antusias. Mereka mengaku tanpa berpikir panjang ketika mendapat tawaran untuk berkolaborasi dalam kegiatan pembuatan BUDIKDAMBER.

Gambar 3. Berita Serah Terima BUDIKDAMBER (Budidaya Ikan dalam Ember)

Gambar 4. Pemberian Modul Budidaya Ikan Skala Kecil yang Baik dan Benar BUDIKDAMBER

Setelah dilakukan Sosialisasi Budidaya Ikan Skala Kecil yang Baik dan Benar, dilanjutkan dengan penjelasan mengenai manfaat dan cara perawatannya. Kegiatan pembuatan Sosialisasi Budidaya Ikan Skala Kecil yang Baik dan Benar diakhiri dengan merawat hasil BUDIKDAMBER yang telah dibuat dengan memberi pakan dan penggantian air pada BUDIKDAMBER yang dikerjakan di RW. 02  bersama-sama. Adanya  kegiatan ini, diharapkan menjadi langkah pertama untuk RW. 02 Pedalangan dalam menjaga sumber pangan dan menjaga imunitas keluarga serta meningkatkan kreatifitas usaha di tengah pandemi COVID-19.

Gambar 5. Hasil BUDIKDAMBER yang telah dilakukan.

Gambar 6. Kerja Bakti Perawatan Lingkungan dan BUDIKDAMBER.

Penulis : TIKA

Semarang 03 Agustus 2020

-Besama Memberi Makna-