Mahasiswa Undip Edukasi Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat

Wonosobo, (1/8). Rangkaian program KKN kedua di Desa Patakbanteng telah usai. Program kedua ini bertajuk “Cerdas Menggunakan Obat” di mana di dalamnya terdapat rangkaian kegiatan, seperti edukasi swamedikasi penyakit ringan kepada ibu-ibu RT 8 dan edukasi DAGUSIBU melalui poster.

Kegiatan edukasi swamedikasi penyakit ringan dilaksanakan pada forum pengajian ibu-ibu RT 8 yang rutin diadakan setiap hari Senin tiap minggunya. Alasan pemilihan forum pengajian ini karena yang hadir cukup banyak, berjumlah 30 ibu dari 40 KK di RT 8, sehingga dinilai cukup mewakili untuk dilakukan edukasi swamedikasi tersebut. Selain itu, peran kesehatan pada rumah tangga banyak dipegang oleh seorang ibu, sehingga edukasi swamedikasi kepada ibu-ibu dirasa sangat tepat.

Foto bersama di sela-sela kegiatan berlangsung

Kegiatan ini diawali dengan perizinan kepada ibu RT 8 dan pemilik rumah yang mendapat giliran pada minggu ini. Edukasi dilakukan dengan membagikan buku panduan swamedikasi penyakit ringan, kemudian dijelaskan secara singkat mengenai pengertian swamedikasi dan cara membaca buku panduanya, sehingga tidak terjadi kesalahan saat menggunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab seputar swamedikasi untuk penyakit ringan dan diakhiri dengan pembagian masker dan foto bersama. (Rezha Nur Amalia / Eko Ariyanto)