Konsultasi Tanpa Tatap Muka? Bukan Masalah, Konseling Online Jawabannya

Jakarta Selatan (31/7/2020). Mahasiswa KKN UNDIP TIM II yang berada di RW 01, Kelurahan Ciputat Timur, Kecamatan Pisangan, Jakarta Selatan bernama Rania Namira Sari melakukan rangkaian kegiatan. Dengan membuat salah satu program yang bernama “Counsul with Care: Menolong masyarakat untuk mengubah pola-pola kehidupan yang menyebabkan mereka tidak bahagia”.

Program ini latar belakangi oleh warga masyarakat RT 01 yang mengalami dampak akibat wabah pandemi COVID 19. Banyak rintangan dan tantangan yang harus mereka hadapi baik dari dalam individu maupun luar individu sampai sekarang ini wabah pandemi COVID 19 masih menyerang dunia terutama di Indonesia, sehingga banyak sekali masyarakat yang tidak bahagia dan mengalami kecemasan

Selain itu, mengapa masyarakat tidak bahagia dan juga mengalami kecemasan? Di lingkungan wilayah RW 01 masih banyak ditemui masyarakat yang mengalami tidak bahagia hanya berdiam diri dan mengurung diri dirumah enggan untuk cerita dan mengungkapkan perasaannya. dikarenakan wabah ini yang masih terus menyerang dari bulan maret hingga kini.

Program “Counsul with Care: Menolong masyarakat untuk mengubah pola-pola kehidupan yang menyebabkan mereka tidak bahagia” telah terlaksana pada 30 Juli 2020 dengan sistem menyebarkan poster melalui grup media sosial warga dan warga mendaftar untuk dapat melakukan konseling yang dilakukan melalui online dikarenakan kita tetap menjaga protocol kesehatan yaitu social distancing.

Mahasiswa KKN UNDIP, Rania Namira Sari berharap dengan adanya program ini yaitu warga menjadi sadar dan peduli dengan kesehatan mental mereka, dikarenakan mental mereka juga dapat mempengaruhi fisik mereka dengan terpaparnya COVID 19. Warga menjadi mengerti manfaat untuk memperhatikan kesehatan mental mereka. Selain itu, warga menjadi lebih terbuka dan bercerita dengan orang-orang terdekatnnya terutama keluarga.

Editor: Yanuar Yoga Prasetyawan, M.Hum.