Efektifkah Game Edukasi COVID-19 Berbasis Android Ke Anak-Anak?
Salatiga – Tak dapat dipungkiri bahwa kegiatan PSBB yang kemudian diubah menjadi Kenormalan Baru ini banyak dimanfaatkan oleh orang-orang untuk bisa beraktivitas kembali. Namun, tidak sedikit pula yang tidak memperhatikan apa yang telah diatur pemerintah guna menerapkan Kenormalan Baru ini, salah satunya adalah penggunaan protokol kesehatan.
Hal ini dimanfaatkan oleh Fadhli (21), seroang mahasiswa S1 Teknik Komputer Universitas Diponegoro untuk membuat sebuah media edukasi berbasis permainan android yang diperuntukkan untuk anak-anak. Permainan ini ia buat dari keresahannya karena anak-anak di daerahnya, RT 03 RW 11 Dliko Indah Salatiga, masih kurang peduli dengan adanya protokol kesehatan ketika pergi ke luar untuk bermain.
“Media edukasi ini saya memang targetkan dengan menggunakan android karena dari hasil pengamatan yang saya lakukan di daerah saya, anak-anak saat ini lebih sering menggunakan perangkat bergerak tersebut untuk kegiatan sehari-hari, seperti bermain dan belajar di rumah.”
Proses pengerjaan dari aplikasi ini menurutnya adalah kurang lebih 7 hari, karena saat pengembangan berlangsung, ia juga sedang mempersiapkan kegiatan KKN lainnya.
“Aplikasi sudah selesai dan dari hasil testing yang saya lakukan bisa berjalan dengan baik. Tinggal menunggu tanggal untuk menyebarkan ke warga dan juga dimainkan oleh anak-anak dengan pantauan dari saya.” Tutur Fadhli.
Dengan adanya permainan edukasi ini, Fadhli berharap bisa lebih menyadarkan anak-anak untuk tetap menggunaakn protokol kesehatan dimanapun mereka berada.