Melacak Pemasukan dan Pengeluaran dengan Pencatatan yang Terperinci

Oleh : Salsabila Aulia Dewi, FEB/Manajemen, KKN Tim 2 Undip Kota Tangerang – Serang

Sudimara Timur, Ciledug (3/8) – #DiRumahAja adalah kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah dengan tujuan agar masyarakat melakukan seluruh aktivitas dari rumah. Kebijakan tersebut berdampak kepada para pelajar yang harus melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau School from Home dan juga para pekerja yang harus menjalankan Work from Home (WFH).

Di lingkungan RT 03/003, Sudimara Timur, Ciledug, Tangerang, sebagian besar warga sedang menjalankan School from Home dan Work from Home (WFH). Dengan dirumah selama satu hari penuh, bisa dipastikan bahwa pengeluaran rumah tangga dan pengeluaran lain-lain pun mengalami kenaikan. Untuk itu, dengan tujuan agar para masyarakat bisa mengelola keuangan rumah tangga selama #DiRumahAja dengan lebih baik, program KKN berupa Penyuluhan Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga dilaksanakan. Dengan memperhatikan keadaan saat ini, penyuluhan kepada warga tidak dilakukan secara bersamaan dan langsung. Melainkan penyuluhan ini dilakukan dengan cara mengunjungi rumah warga (door – to – door) dengan membagikan sebuah leaflet yang berisikan beberapa tips dan trick untuk mengelola keuangan rumah tangga di tengah pandemi agar tetap stabil. Dalam tips dan trick mengenai mengelola keuangan rumah tangga, terdapat salah satu poin penting yaitu mengenai “Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran”. Pencatatan memang penting untuk dilakukan karena dengan melakukan pencatatan ini dapat diidentifikasi keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran rumah tangga. Jika pengeluaran lebih banyak dibandingkan pemasukan, dengan berbekal pencatatan yang telah dilakukan, dapat dilakukan penyesuaian terhadap pengeluaran rumah tangga. Lalu, dengan melihat perkembangan teknologi saat ini, dalam leaflet tersebut juga diberikan beberapa rekomendasi aplikasi smartphone yang dapat digunakan oleh warga untuk melakukan pencatatan keuangan rumah tangga dengan praktis.

Selain memberikan penyuluhan kepada warga RT 03/003 mengenai pengelolaan keuangan rumah tangga, Bimbingan Pembukuan Kas Untuk Usaha Kecil Milik Warga RT03/003 juga dilakukan. Di dalam lingkungan ini, terdapat salah satu warga yang baru saja membuka sebuah usaha. Di tengah pandemi ini, tidak menghalangi Kak Resha – pemilik usaha – untuk mulai merintis usahanya. Usaha ini mulai dibuka bulan Juni tahun ini dan merupakan usaha rumahan yang bergerak di bidang Food & Beverages yang menjual berbagai varian minuman. Semenjak dibuka, usaha ini melakukan kegiatan produksi di rumah, mempromosikan produk melalui media sosial, dan mendistribusikan pesanan dengan menggunakan jasa kurir yang tersedia dalam aplikasi transportasi online. Dengan tujuan untuk membantu agar usaha ini bisa lebih teratur dalam melakukan pencatatan kas masuk dan kas keluar untuk usahanya, maka bimbingan mengenai pembukuan kas dengan pemilik usaha ini telah dilakukan. Diharapkan kedepannya usaha ini dapat berjalan lebih baik dan berkembang menjadi usaha yang lebih besar agar bisa turut membantu perkembangan ekonomi negara serta dapat membuka lapangan kerja.

Kedua kegiatan tersebut mendapatkan tanggapan yang baik dari para warga. Semoga seluruh warga yang telah mendapatkan informasi melalui kedua kegiatan tersebut dapat menerapkan informasi nya dengan baik, ya!