Atasi Kejenuhan dan Kesulitan Siswa Belajar Matematika Saat Pandemi Covid-19, Mahasiswa KKN Undip Lakukan Belajar Matematika Asyik Sambil Bermain!

Brebes (02/08) – Pandemi Covid-19 ini sedang melanda hampir di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Adanya Pandemi Covid-19 ini membuat bidang pendidikan ikut terkena dampaknya yaitu memindahkan kegiatan belajar mengajar di sekolah dengan belajar mandiri di rumah atau School From Home. Tidak sedikit anak sekolah yang mengalami kesulitan belajar yang dilakukan secara Online, terutama dalam memahami mata pelajaran matematika. Disamping itu, dalam mempelajari matematika terkadang anak mudah merasa bosan dan jenuh selama belajar mandiri di rumah.

Zulfa Umamah, mahasiswa KKN Undip Tim II 2019/2020 membuat program belajar matematika asyik sambil bermain untuk anak-anak sekolah dasar khususnya di RT 01 RW 01 Desa Kertasinduyasa sebagai solusi belajar di rumah selama Pandemi Covid-19 ini. Program ini sangat antusias diterima oleh orang tua dan anak-anak sekolah dasar. Berdasarkan survey anak-anak justru malas untuk belajar selama Pandemi Covid-19 ini, lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain. Dalam mempelajari matematika pun membutuhkan pengajar yang cukup menguasai dibidangnya untuk mendampingi proses belajar matematika anak-anak.

Selasa (21/7) Mahasiswa KKN Undip ini memulai pembelajaran matematika dengan mengenalkan dan mengajarkan alat peraga matematika yaitu Batang Napier untuk memudahkan menghitung perkalian karena berdasarkan survey anak-anak belum terlalu hafal perkalian dan alat peraga tersebut belum diajarkan di sekolah. Untuk menunjang, mahasiswa KKN Undip juga akan membuatkan buku modul yang berisi tentang alat peraga matematika (Batang Napier), didalamnya dijelaskan bagaimana cara membuat dan menggunakan alat peraga tersebut.

Mengenalkan dan Mengajarkan Alat Peraga Matematika (Batang Napier)
Batang Napier

Ditengah-tengah pembelajaran di rumah akibat Pandemi Covid-19 ini, anak-anak cenderung mudah merasa jenuh dan bosan. Untuk mengurangi rasa jenuh dan bosan anak-anak saat belajar matematika di tengah pandemi ini, mahasiswa KKN Undip melakukan pembelajaran matematika dengan menyelipkan beberapa permainan matematika yang asyik dan seru.

Minggu (26/7), mahasiswa KKN Undip mengajak anak-anak sekolah dasar di sekitar rumahnya untuk melakukan pembelajaran matematika dengan permainan kartu Domat (Domino Matematika). Di dalam kartu tersebut terdapat soal matematika yang harus dijawab oleh masing-masing anak. Menurut anak-anak, permainan tersebut sangat asyik dan seru. “Permainan kartu Domat ini asyik dan seru”, ujar Isel.

Memainkan Kartu Domat (Domino Matematika)

Dilanjutkan pada hari Selasa (28/7), mahasiswa KKN Undip kembali melakukan pembelajaran matematika bersama anak-anak sekolah dasar dengan menyelipkan permainan Ular Tangga Matematika. Di dalam permainan tersebut, terdapat soal matematika materi penjumlahan, pengurangan, dan perkalian yang harus dijawab oleh masing-masing anak. Setelah selesai memainkan Ular Tangga Matematika itu, di hari yang sama, Mahasiswa KKN Undip juga membagikan modul yang berisi tentang alat peraga matematika (Batang Napier) kepada anak-anak sekolah dasar di sekitar rumahnya. Harapannya dengan adanya modul ini anak-anak bisa lebih mengenal dan dapat mempelajari Batang Napier serta dapat memudahkan mereka menghitung perkalian.

Memainkan Ular Tangga Matematika
Pembagian Modul Menghitung Perkalian Menggunakan Alat Peraga (Batang Napier)

Penulis : Zulfa Umamah (Matematika – FSM)

Dosen KKN: Ir. Bambang Sulistiyanto, M.Agr.Sc., Ph.D., I.P.U.

Ed. Ir. Bambang Sulistiyanto, M.Agr.Sc., Ph.D., I.P.U.