Edukasi Kewaspadaan terhadap Pandemi Corona dengan Infografis

Pati (4/8/2020). Sidoarum merupakan salah satu desa di Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati dengan jumlah masyarakat yang cukup padat. Sebagian besar Warga Sidoarum mayoritas bekerja sebagai petani, namun ada juga yang bekerja di luar kota (merantau) untuk mencari nafkah.

Di masa pandemi sekarang ini rawan terjadi penularan virus corona sehingga perlu adanya penekanan terhadap warga agar tidak bepergian ke luar kota demi kesehatan bersama.

 Dengan demikian perlu dilakukan pembuatan infografis peta sebaran pemudik di Desa Sidoarum dalam rangka menekan kewaspadaan masyarakat terhadap virus corona.

Sehubungan dengan itu, Hanik Malikhatin, mahasiswa KKN Undip Desa Sidoarum melaksanakan pelatihan infografis kepada staff perangkat desa bidang administrasi dan umum. Materi yang diajarkan cukup sederhana yaitu berupa pembuatan peta sebaran jumlah pemudik per hari dalam satu bulan di Desa Sidoarum.

Aplikasi software yang digunakan yaitu aplikasi excel. Selain diajarkan cara membuat peta sebaran jumlah pemudik menggunakan aplikasi excel, juga diajarkan cara membaca atau mendeskripsikan grafik peta sebaran yang sudah dibuat. Kegiatan pelatihan ini dilakukan dua kali, pertama dilakukan pada tanggal 20 Juli 2020.

Pada pelatihan infografis pertama (tanggal 20 Juli 2020), staff perangkat desa bidang administrasi dan umum mengalami kesulitan dalam menyerap materi. Hal ini dikarenakan staff perangkat desa bidang administrasi dan umum biasanya hanya mendata jumlah pemudik saja di excel tanpa harus mendeskripsikan data pemudik tersebut.

Walaupun cukup sulit dalam memahaminya, namun staff perangkat desa bidang administrasi dan umum tetap mengapresiasi bentuk pelatihan infografis ini, karena menurutnya pelatihan infografis ini sangat bermanfaat untuk mendeskripsikan data yang pada umumnya memang sangat diperlukan untuk masa yang akan datang. Untuk itu perlu diadakan pelatihan infografis lagi agar staff perangkat desa bidang administrasi dan umum dapat lebih paham tentang cara membuat grafik serta mendeskripsikannya.

Oleh sebab itu, dilakukan pelatihan infografis kedua yang dilakukan pada tanggal 6 Agustus 2020. Pada pelatihan kedua ini, staff perangkat desa bidang administrasi dan umum sudah lebih paham dan sudah bisa mempraktikkan cara membuat grafik peta sebaran jumlah pemudik sendiri di aplikasi excel. Selain itu juga bisa mendeskripsikan arti dari grafik peta sebaran jumlah pemudik tersebut.

Penulis : Hanik Malikhatin

Editor : Rani Tiyas