BELAJAR SAMBIL BERMAIN, MAHASISWA UNDIP MENGENALKAN SCIENCE KETIKA BELAJAR ONLINE

Kudus (2/8/2020) – Pelaksanaan KKN Tim II Undip 2020 telah memasuki minggu keempat. Windi Sufah (20) merupakan salah satu mahasiswa Undip yang telah melaksanakan program game for child yaitu tentang edukasi kepada anak-anak mengenai bentuk daun dan pembuatan herbarium. Latar belakangnya adanya pandemi ini menyebakan kegiatan yang ada di sekolah diliburkan, namun pembelajaran tetap dilaksanakan secara daring. Selama pembelajaran di rumah menyebabkan anak-anak tidak produktif sehingga saya mengadakan program game yang bersifat mengedukasi yaitu mengenalkan bentuk-bentuk daun dan membuat herbarium dari tanaman di lingkungan sekitar. Manfaat dilaksanakannya program ini yaitu memberikan edukasi pemahaman bentuk-bentuk daun di sekitar lingkungan agar lebih mengerti. Kemudian dalam pembuatan herbarium ini agar tanaman dijadikan alternatif sebagai hiasan atau pajangan rumah. Selain itu bisa meningkatkan kreatifitas anak-anak dengan ide yang unik.

Program edukasi ini dilaksanakan pada hari Senin (27/07) dengan peserta anak-anak di Desa Ngembal Kulon. Anak-anak pada antusias mengikuti kegiatan ini, setiap anak membuat satu herbarium dari daun yang ada disekitar rumah. Hal ini juga yang menandakan tingginya minat mereka untuk lebih tahu mengenai hal-hal baru yang belom diketahui sebelumnya.

“Baru tahu saya kak kalau pembelajaran di luar rumah itu mengasyikkan dan juga tahu keadaan diluar rumah seperti apa dengan memanfaatkan tumbuhan” Ujar salah satu anak dari peserta ketika pembuatan herbarium.

Oleh : Windi Sufah Aryanti (24020117130049)

Editor : Dr.Ir. Yoyok Budi Pramono, S.Pt.,M.P.