SOLUSI SOLUTIF UNTUK PEMBERANTASAN JAMUR DAN BAU PADA KOLAM BUDI DAYA LELE

Jepara, Kamis 2 Februari 2017, Mahasiswa KKN tim 1 UNDIP Desa Bangsri melakukan kegiatan penanganan pencemaran udara (bau) yang bersumber dari kolam  budi daya ikan  lele yang berlokasi di RW 18 dukuh Banyu  Urip. Pada awal kunjungan kami (12/01) bapak  Teguh sang  pemilik kolam lele mengeluhkan kolamnya yang bau dan mencemari lingkungan. Pencemaran ini disebabkan oleh adanya jamur pada kolam tersebut. Hal ini direspon positif oleh teman kami yang berasal dari fakultas perikanan. Moch Farid mencoba mencari solusi untuk kolam tersebut.

Hari kamis 2 Februari 2017 tim KKN UNDIP kembali mengunjungi kolam lele bapak teguh untuk memberikan solusi pencemaran kolam budi daya ikan lele. Solusi yang ditawarkan adalah memberikan beberapa probiotik yang digunakan untuk menghilangkan bau dan jamur. Selain memberikan probiotik, Moch Farid selaku pemegang program tersebut memberikan sosialisasi budi daya kolam yang baik serta memberikan arahan langkah-langkah pemberian probiotik untuk kolam lele.

Pak Teguh selaku pemilik kolam sangat senang dan berterimakasih kepada tim KKN atas solusi yang diberikan. Dari solusi tersebut hrapanya kolam lele tidak lagi mencemari udara akibat baunya dan terbebas dari jamur.

pengarahan cara penggunaan probiotik
pengarahan cara penggunaan probiotik
produk probiotik untuk menghilangkan bau dan jamur pada kolam lele
produk probiotik untuk menghilangkan bau dan jamur pada kolam lele