CANGGIH! Mahasiswa KKN UNDIP Ciptakan Alat Hands Free Sanitizer dengan Prinsip Ergonomi Menggunakan Acuan Data Antropometri.

Way Jepara (27/7) – Salah satu mahasiswa KKN Universitas Diponegoro beberapa waktu lalu membuat alat Hands Free Sanitizer dengan prinsip penerapan ergonomi dari data antropometri. Alat ini nantinya akan diberikan kepada Masjid Al-Muslimin di Desa Labuhan Ratu Satu.

Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Universitas Diponegoro tim II tahun 2020.

Kegiatan ini membutuhkan ukuran bagian tubuh manusia, baik dari anak-anak sampai orang dewasa. Mahasiswa KKN ini menggunakan keluarga terdekatnya untuk dilakukan pengukuran, yang ukurannya digunakan sebagai acuan pembuatan alat Hands Free Sanitizer.

“Cegah Bersama COVID-19” adalah tema dari kegiatan ini dengan membuat alat Hands Free Sanitizer yang penggunaannya hanya diinjak saja, sehingga tidak memerlukan kontak dengan pump sanitizer yang dapat menularkan virus COVID-19 karena adanya kontak antar tangan masyarakat.

Kegiatan pembuatan alat ini dilakukan di rumah mahasiswa KKN UNDIP di Desa Labuhan Ratu Satu yang memakan waktu kurang lebih 2 minggu, mulai dari persiapan bahan sampai penyerahan kepada Takmir Masjid Al-Muslimin.

Penyerahan alat Hands Free Sanitizer dilakukan pada Kamis, 27 Juli 2020 di Masjid Al-Muslimin pukul 14.00 WIB. Mahasiswa KKN disambut baik oleh Takmir dan pengurus masjid lainnya.

Latar belakang diadakannya kegiatan ini adalah karena pada masjid Al-Muslimin belum ada Handsanitizer sehingga saat masuk ke dalam masjid jamaah yang sudah wudhu dari rumah tidak membersihkan tangannya lagi. Selain itu dibuatnya Hands Free Sanitizer ini untuk meminimasi adanya kontak dari tangan ke tangan.

“Alat ini sangat membantu ya. Canggih sekali. Terimakasih banyak untuk mahasiswa KKN UNDIP” ungkap Takmir Masjid.