Smartbook dan Video Jadi Solusi Guru Ajarkan Matematika Selama Pandemi Covid-19
Semarang, Kelurahan Pedalangan (4/8) – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Tahun 2020 Universitas Diponegoro dilaksanakan berbeda pada KKN biasanya. Hal ini dikarenakan semakin meluasnya wabah Covid-19 di Indonesia. Kebijakan yang di ambil oleh Undip adalah tetap melaksanakan KKN pada bulan Juli sampai dengan Agustus, tetapi dengan beberapa ketentuan yaitu KKN dilaksanakan secara mandiri di wilayah domisili masing-masing peserta KKN. Hal ini menarik karena baru kali ini KKN seperti ini dilaksanakan.
Pandemi Covid-19 ini memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap kehidupan sehari-hari, khususnya pada sektor pendidikan. Tidak hanya sekelas universitas yang terkena dampaknya, bahkan sekolah-sekolah pun harus melakukan pembelajaran yang berbeda. Pembelajaran secara daring pun diberlakukan untuk semua sekolah. Perubahan secara mendadak ini juga menyebabkan ketidaksiapan pada perangkat sekolah khususnya guru harus menyesuaikan cara mengajar secara daring kepada siswanya, belum lagi jika siswanya masih sulit untuk menjangkau pelaksanaan secara daring. Mulai dari telepon genggang, kuota internet, dan sebagainya.
Masalah tersebut kemudian perlu adanya suatu metode pembelajaran yang diharapkan mampu membuat proses pembelajaran menjadi lebih baik. Belum lagi beberapa materi sulit untuk diajarkan kepada siswa seperti materi pelajaran matematika. Kemampuan memahami konsep dan kemampuan berhitung harus menjadi dasar menguasai pelajaran ini. Memiliki latar belakang sebagai seorang mahasiswa matematika, penulis selaku peserta KKN Tim II ini membuat program yang dapat membantu guru mengatasi hal tersebut yaitu modul smartbook dan video pembelajaran.
Program dimulai pada hari Senin (27/7) yaitu dengan memberikan modul smartbook, kemudian selama beberapa hari ke depan penulis membantu guru membuat video. Lokasi program yang menjadi sasaran penulis adalah SD N Pedalangan 01. Hal ini dikarenakan masih membutuhkan beberapa perbaikan di beberapa sektor. Sasaran yang di targetkan penulis spesifik kepada guru kelas 6 karena memiliki tanggung jawab kepada siswanya agar mampu menguasai pelajaran untuk persiapan kelulusan. Penulis memberikan modul berupa smarbook yang berisi ringkasan materi kelas 6 dan materi-materi pendukung yang di desain menarik agar menambah minat siswa untuk belajar. Modul ini bisa di perbanyak dengan di cetak atau lebih praktis dapat dibagikan secara daring karena penulis menyajikan juga dalam bentuk softfile. Tidak sampai disitu, penulis juga membuat beberapa video penjelasan materi yang dirasa butuh adanya penjelasan lanjut. Kemudian video ini dapat di bagikan secara daring kepada siswa. Selain itu, penulis juga membantu dan mengajari membuat video pembelajaran oleh guru. Mulai dari merekam video sampai mengedit video. Hal ini bertujuan untuk menambah alternatif guru untuk mengajarkan materi matematika khususnya dan materi-materi pelajaran lain umunya yang relevan dengan keadaan pandemi ini. Program ini kemudian selesai pada Selasa (4/8), ditutup dengan pemberian tempat sampah kepada pihak sekolah.
Tri Yuni Yanto – FSM Undip 2017
Dosen Pembimbing : Ir. R.T.D. Wisnu Broto, M.T.
Kelurahan Pedalangan, Kecamatan Banyumanik
KKN Undip Tim II Kodya Semarang