Malas Makan Bandeng Karena Banyak Duri? Coba Olahan Ini!

Kudus (02/08/2020), ikan bandeng merupakan ikan yang sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Akan Tetapi, pemanfaatan dan tingkat konsumsi ikan bandeng masih cukup rendah. Hal ini dipengaruhi oleh banyaknya duri dan karakteristik ikan bandeng yang berbau lumpur. Ikan kaya akan kandungan vitamin dan mineral sehingga apabila dikonsumsi sehari-hari dapat memberikan sumbangan gizi yang tinggi pada jaringan tubuh kita (Prameswari, 2018). Hal ini tentunya sangat penting dan perlu diperhatikan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat pada kondisi pandemi seperti sekarang.

Hasil Akhir Nugget Ikan Bandeng

Pengenalan diversifikasi hasil perikanan adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan konsumsi ikan bagi masyarakat RW 03 Desa Jepang. Nugget ikan bandeng merupakan produk yang disosialisasikan dan dibagikan kepada masyarakat secara door to door. Nugget ikan bandeng terbuat dari campuran daging ikan bandeng yang dihaluskan, tepung tapioka, bawang putih, bawang merah, telur, gula, garam dan bumbu penyedap. Hasil akhir nugget ikan bandeng memiliki tekstur yang lembut tanpa terlihat duri dan bau ikan yang tidak menyengat sehingga dapat dengan mudah untuk dikonsumsi. Sosialisasi dilakukan pada Hari Sabtu, 1 Agustus 2020 pukul 15.30 yang disambut baik oleh masyarakat.

Sosialisasi dan Pembagian Nugget Ikan Bandeng

Kegiatan sosialisasi dan pembagian produk yang sudah terlaksana diharapkan dapat meningkatkan konsumsi ikan dan membuka peluang usaha baru bagi masyarakat RW 03 Desa Jepang karena nugget ikan yang mudah dibuat serta merupakan produk frozen food sehingga dengan penyimpanan yang benar dapat diawetkan dan memiliki umur simpan yang relatif lama. Mengonsumsi ikan juga merupakan salah satu cara mewujudkan 2 poin pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yaitu perbaikan nutrisi dan pemanfaatan sumberdaya perairan.

Sumber :

Prameswari, G. N. 2018. Promosi Gizi Terhadap Sikap Gemar Makan Ikan Pada Anak Usia Sekolah. Journal Of Health Education, 3(1): 1-6.

Penulis : Rissinta Mahdalena_26060117120027_Teknologi Hasil Perikanan

Editor : Shary Charlotte, S.IP, M.A