MAHASISWA UNDIP BERIKAN SOSIALISASI BANTUAN HUKUM PADA MASYARKAT DESA DANUPAYAN

Oleh   : Ahmad Hendiv Rahmadiyan

Editor : Maharani Patria Ratna, SS., M.Hum

Temanggung, (30/07/2020) Dilihat dari situasi di masyarakat sekitar Desa Danupayan, Pengetahuan mengenai permasalahan hukum masihlah sangat minim. Hal ini dikarenakan kondisi tingkat pendidikan yang masih rendah dan perekonomian masyarakat masih tergolong banyak yang tidak mampu.

Hal tersebut membuat Mahasiswa undip yang bernama Ahmad Hendiv Rahmadiyan dari Fakultas Hukum tergerak melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai tata cara pengajuan bantuan hukum secara gratis bagi masyarkat tidak mampu atau dalam Bahasa hukum biasa disebut PRODEO.

Sesuai dengan Program KKN dari Undip yaitu “KKN Pulang Kampung” serta lokasi yang diarahkan LPPM berdasarkan domisilinya, maka program sosialisasi tersebut dilaksanakan oleh mahasiswa di domisilinya yaitu di Desa Danupayan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung.

Dokumentasi pelaksanaan Program sosialisasi secara door to door kepada masyarakat.

Program sosialisasi kepada masyarakat mengenai tata cara pengajuan bantuan hukum secara gratis bagi masyarakat tidak mampu dilaksanakan secara door to door dalam jangka waktu 2 hari dengan target kepada 20 rumah warga masyarakat yang tidak mampu.

Dilaksankan secara door to door atau rumah ke rumah dikarenakan agar masyarakat secara lebih mudah memahami maksud dari program sosialisasi yang ingin disampaikan mahasiswa kepada masyarakat. Dan alhamdulillah dari program yang dilaksankan tersebut respon para masyarakat sangat baik dan memperhatikan setiap detail yang disampaikan mahasiswa melalui sosialisasi tersebut

Diharapkan dengan pelaksanaan program sosialisasi tata cara pengajuan hukum bagi masyarakat yang tidak mampu, masyarakat yang tidak mampu dapat memperoleh akses keadilan yang sama dengan masyarakat lain mengenai permasalahan hukum saat masyarakat ingin menempuh jalur hukum ke pengadilan.

Direview Oleh: Maharani Patria Ratna