Mahasiswa KKN Undip Ajak Masyarakat Untuk Perkuat Pertahanan Diri Guna Menghadapi Ancaman Virus Corona

PATI (3/8/2020)- Selama masa pandemi covid 19, kebiasaan perilaku hidup sehat menjadi rutinitas yang wajib dilakukan oleh setiap individu. Kebiasaan yang wajib dilakukan adalah disiplin menjalankan protokol kesehatan dan memperhatikan asupan gizi. Penerapan protokol kesehatan antara lain adalah dengan menggunakan masker, face shield, jaga jarak serta menjaga sanitasi diri. Penggunaan masker merupakan bentuk perlindungan dari penularan covid 19 yang umum digalakkan. Namun, sejauh ini dirasa penggunaan masker belum efektif digunakan untuk aktivitas di tempat umum yang jaga jarak sulit diterapkan. Hal inilah yang mendasari Mahasiswa KKN Undip 2020 berinisiatif melakukan program kerja pembuatan face shield. Face shield merupakan alat pelindung diri tambahan yang mampu melindungi muka dari ancaman penyebaran virus. Penggunaan masker dan face shield secara bersaman dapat memberikan perlindungan ganda untuk mencegah penularan covid 19.

Program kerja dilaksanakan secara door to door guna meminimalisir terjadinya kerumunan warga, mengingkat kondisi saat ini yang masih berada di tengah pandemik covid 19. Pelaksanaan program terbagi atas edukasi penggunaan face shield, penjelasan singkat cara pembuatan face shield serta diakhiri dengan pembagian face shield. Sasaran program ini adalah ibu rumah tangga serta pedagang sayur dan ikan di Desa Margorejo.

“Tentunya saya sangat terbantu, mengingat pekerjaan saya sebagai pedagang sayur dan ikan yang pastinya selalu berhadapan dengan banyak orang di pasar dan kios saya,” ungkap Dar warga Desa  Margorejo.

Selain itu, Mahasiswa KKN Undip 2020 juga mengajak masyarakat Desa Margorejo untuk lebih memperhatikan asupan gizi di tengah pandemi covid 19. Kegiatan yang dilakukan adalah dengan mengedukasi masyarakat melalui poster mengenai budaya gemar mengonsumsi buah, sayur serta ikan. Poster ditempelkan di tempat yang strategis dan banyak di datangi masyarakat seperti warung. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberi edukasi tentang manfaat buah dan sayur serta ikan yang nantinya diharapkan masyarakat tergugah untuk gemar makan makanan yang bergizi. Mengingat di masa pandemi seperti ini kesehatan dan imunitas tubuh harus selalu terjaga agar dapat terhindar dari penularan virus covid 19 dan penyakit lainnya.

Nur Rahmat (FPIK)

DPL Dr. Meiny Suzery, MS