Yuk Kenali Ciri-ciri Telur yang Aman Dikonsumsi Bersama Mahasiswa Undip!


Telur merupakan bahan pangan hewani berasal dari hasil ternak unggas yang mempunyai kandungan gizi lengkap salah satunya sumber protein yang tinggi (Sumber : Galeri Penulis)

Semarang (30/07/2020) – Kegiatan KKN Tim II 2020 Universitas Diponegoro yang mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19” berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Salah satu program kerja yang dibuat oleh Mahasiswa Undip Peternakan yaitu mengedukasi warga lokal perihal pentingnya mengkonsumsi telur, salah satu bahan pangan yang sangat familiar dengan kandungan nutrisinya yang tinggi salah satunya sumber protein. Program kerja dilaksanakan pada hari Kamis, 30 Juli 2020 di Kampung Jahe RT 03 RW 08 Kelurahan Tinjomoyo, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang.

Edukasi dilakukan dengan memberikan poster terkait telur yang aman dikonsumsi serta mengenal ciri-ciri telur yang aman dan sehat dikonsumsi kepada warga lokal di kala pandemi Covid-19 ini. Warga sangat antusias mengikuti kegiatan ini karena sebelumnya belum pernah diberikan edukasi tentang telur yang sehat.

Ciri telur yang baik untuk dikonsumsi yaitu permukaan cangkangnya halus, mengkilap, tidak ada noda hitam atau pengapuran, serta tidak retak. Kualitas telur yang layak dikonsumsi bisa diuji dengan menyiapkan gelas kaca bening dengan larutan air garam 10 % lalu telur dimasukkan ke dalam air tersebut. Ada 3 hasil yang mungkin akan muncul. Pertama, telur yang berkualitas baik akan tenggelam. Kedua, telur yang berkualitas kurang baik akan melayang/berada di tengah gelas. Ketiga, telur yang berkualitas buruk akan mengapung di permukaan.

Pelatihan tersebut bertujuan agar warga lokal di Kampung Jahe RT 03 RW 08 mengetahui pentingnya mengkonsumsi telur karena nutrisinya yang tinggi serta warga dapat mengenal ciri-ciri telur ayam yang aman dan sehat dikonsumsi supaya warga nantinya dapat hidup sehat di kala pandemi ini.

Oleh: Bima Yuwanda_23010117130161_Peternakan_KKN TIM 2 Undip