PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM BRANDING USAHA KELOMPOK TANI GREEN VILLAGE
Ngijo, Kota Semarang (5/8). Dalam mengembangkan sebuah usaha tentu saja membutuhkan media untuk melakukan kegiatan pemasaran sekaligus promosinya. Media dalam melakukan kegiatan tersebut sangat beragam mulai dari yang konvensional hingga memanfaatkan teknologi dengan menggunakan media sosial seperti sekarang ini.
Dalam beberapa waktu belakangan ini, media sosial menjadi salah satu alternatif para pelaku usaha dalam memasarkan produknya ke calon konsumen. Pemilik usaha berlomba-lomba dalam membuat konten yang menarik dan unik. Hal ini terjadi karena membuat konten yang menarik adalah salah satu cara yang cukup efektif untuk setidaknya membuat calon konsumen mengunjungi profile social media sebuah produk.
Pada usaha Kelompok Tani Green Village dimana didalamnya terdapat kegiatan bercocok tanam tanaman hidroponik dan tanaman yang menggunakan media tanah seperti biasa. Kegiatan lain yang dilakukan adalah panen bersama warga dan melakukan pelatihan mengenai perawatan tanaman hidroponik kepada masyarakat sekitar. Para pengurus Kelompok Tani Green Village juga melakukan pengecekan nutrisi air pada media hidroponik setiap sore hari dan melakukan penyiraman pada sayuran di media tanah. Nutrisi dan pupuk yang digunakan pun berasal dari bahan-bahan alami. Dan hal itu menjadi sebuah keunggulan bagi Kelompok Tani Green Village.
Dalam pembentukan Kelompok Tani Green Village mempunyai tujuan untuk kedepannya yaitu bisa digunakan sebagai sarana pendidikan untuk orang-orang yang ingin belajar cara menanam dan menjaga tanaman hidroponik dan menjadi tempat wisata edukasi bagi pelajar-pelajar yang berada di Kota Semarang. Oleh karena itu, pihak pengurus membutuhkan branding secara bertahap agar masyarakat mulai mengetahui adanya Kelompok Tani Green Village. Dengan ini mahasiswa KKN Undip membantu dalam melakukan kegiatan pemasaran dan promosi melalui media sosial Instagram dengan melakukan sosialisasi kepada para pengurus Kelompok Tani Green Village mengenai pemasaran secara digital dan bagaimana memanfaatkan akun bisnis Instagram dengan baik dan benar.