STORY TELLING: CARA KREATIF MENGEDUKASI ANAK MENGENAI COVID-19 DAN PROTOKOL KESEHATAN

Batam .  Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro, mengaplikasikan program Edukasi Covid-19 dan Protokol Kesehatan kepada Anak-anak melalui metode story telling yang dilaksanakan di berbagai tempat di wilayah Kecamatan Sekupang, baru-baru ini. Dengan melakukan program ini diharapkan masyarakat akan lebih mengerti mengenai virus ini dan dapat memutus rantai penyebaran virus Covid-19.

Setelah pemerintah mengumumkan bahwa jumlah kasus positif virus Covid-19 di Indonesia telah menyentuh angka 100.000 jumlah kasus pada hari senin (27/7) dan terus bertambah hingga pada hari ini secara akumulatif total pasien terkonfirmasi positif virus Covid-19 adalah sebanyak 111.455 jiwa. Bertambahnya kasus positif ini dipengaruhi oleh beberapa hal seperti salah satunya yaitu kurangnya edukasi menyeluruh mengenai virus Covid-19 ini.

Pada masa new normal yang tengah diterapkan pemerintah hingga saat ini, tentunya akan sangat berisiko jika banyak masyarakat yang belum mengetahui mengenai informasi seputar Covid-19 seperti penyebab, cara penularan, gejala, serta cara pencegahannya melalui penerapan protokol kesehatan. Mengingat banyaknya informasi-informasi belum pasti kebenarannya mengenai virus ini yang beredar di masyarakat, maka perlu adanya kontribusi aktif dari pemerintah serta masyarakat untuk saling memberikan edukasi dan informasi yang benar mengenai virus Covid-19 ini.

Empat minggu sudah mahasiswa Undip melaksanakan kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) di wilayah Patam Lestari, Sekupang, Batam. Tentunya banyak hal bermanfaat yang telah dilakukan. Salah satu mahasiswi Sastra Inggris Undip bernama Aisananda Millenia Ferarre yang telah melaksanakan kegiatan edukasi mengenai Covid-19 dan protokol kesehatan kepada anak-anak melalui metode story telling di beberapa daerah di Kecamatan Sekupang, khususnya di Kelurahan Patam lestari. Melalui metode story telling ini diharapkan anak-anak dapat lebih memahami apa itu Covid-19, bagaimana cara penularan, gejala, dan cara mencegahnya.

Edukasi Covid-19 dan protokol kesehatan di Panti Asuhan Daarul Ishlah
Edukasi Covid-19 dan protokol kesehatan di lingkungan Tiban 1 (RT03/RW13)

Program ini telah menjangkau lebih dari 60 anak dari empat tempat yang berbeda, yaitu di Panti Asuhan Daarut Thaybah, Panti Asuhan Daarul Ishlah serta di lingkungan Tiban 1 (RT03/RW13) dan Batam Nirwana Residence (RT02/RW07). Selain bercerita mengenai Covid-19 dan protokol kesehatan, anak-anak juga diberi masker khusus anak secara gratis dan diajak untuk bersama-sama mencuci tangan yang baik dan benar sesuai dengan anjuran WHO.

Edukasi Covid-19 dan protokol kesehatan di Panti Asuhan Daarut Thaybah

Para warga, khususnya orang tua sangat mengapresiasi kegiatan ini. Dengan adanya program edukasi ini diharapkan anak-anak dapat selalu menerapkan protokol kesehatan khususnya ketika berinteraksi dengan anak-anak lainnya ketika bermain bersama demi memutus rantai penyebaran Covid-19.

Penulis: Aisananda Millenia Ferarre

Editor: Fajrul Falah