Mengembangkan kreativitas warga melalui UMKM

Intip adalah makanan yang terbuat dari nasi. Asal usul makanan ini, jaman dulu ketika ibu-ibu menanak nasi memakai kwali atau wajan atau kendhil. Jika nasi tersebut sudah setengah matang lalu nasi dipindahkan ke tempat lain yang dinamakan Dandang dan kemudian dikukus. Biasanya di dasar kwali atau wajan masih terdapat sisa nasi yang masih menempel dan terlihat gosong. Nasi yang masih menempel itu dinamakan intip. Intip yang masih menempel didasar kwali atau wajan lalu diambil dan dikeringkan. Ketika sudah kering intip ini lalu digoreng, inilah yang dinamakan intip goreng.

Saat ini pembuatan intip dapat lebih mudah dilakukan dengan pembuatan yang disengaja menggunakan cetakan. Namun rasa dan aroma yang dihasilkan tentu tidak dapat menyaingi dengan intip yang diperoleh secara alami menggunakan kwali. Warga Desa Penanggulan masih melestarikan pembuatan intip ini menggunakan kwali. Pembuatan yang lama dan tidak instan menjadikan intip di Desa Penanggulan ini memiliki cita rasa yang berbeda dengan intip yang ada di daerah lain.

Ada 2 varian rasa yang ditawarkan, yaitu original dan gurih. Original yang berarti tidak ada bahan tambahan sama sekali dalam pembuatannya, sedangkan gurih diberi bumbu tambahan seperti bawang putih, garam, dan ketumbar yang telah dihaluskan dalam proses pengeringannya.

IMG_20170203_142252

 

Apabila dikembangkan, Kabupaten Kendal sebenarnya memiliki potensi besar dalam penambahan rasa intip untuk menambah nilai jual dan menarik minat masyarakat untuk mencobanya. Melalui diversifikasi rasa, warga dapat berinovasi dalam membuat intip menjadi bermacam rasa. Seperti buah durian, buah nangka, atau buah lainnya.Screenshot_2017-02-04-11-13-31-501_com.miui.videoplayer

 

Kandungan gizi dalam intip ini tentunya jauh lebih tinggi daripada intip biasanya, dikarenakan buah yang digunakan adalah buah asli yang telah diproses menjadi topping bercampur dengan gula jawa yang semuanya 100% alami dan tanpa bahan pengawet. Diharapkan dengan adanya inovasi ini membuat pengusaha intip di Desa Penanggulan memiliki pasar yang semakin besar dan berakibat kepada ekonomi warga yang semakin meningkat pula.20170206120404