PEMBAGIAN PRODUK DEVERSIFIKASI HASIL PERIKANAN ( PRODUK KAKI NAGA IKAN LELE) DAN MELAKUKAN SOSIALISASI PROSES PEMBUATANNYA

Kudus, (30/7/2020), Kkn sudah berjalan 4 minggu dan sudah melakukan berbagai rangkaian kegiatan KKN  oleh Mahasiswa universitas diponegoro didaerah Desa Jepang Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus sudah terlaksana. Tahun 2020 ini di Indonesia terdampak pandemic COVID-19 yang mengharuskan semua orang harus jaga jarak satu dengan yang lainnya. Hal ini mempengaruhi pada kegiatan kkn ini yang berdeda dengan tahun sebelumnya. Kkn pada tahun ini dilakukan secara individu dan dilakukan di kampung halaman (domisili). Hal ini dilakukan untuk meminimalisir penyebaran COVID-19 di Indonesia.

Minggu ke-4 kegiatan Kkn Tim II Undip dilakukan pelaksanaan program kerja yang dilaksanakan oleh Dian(20), pada hari kamis dan hari sabtu  yang memiliki tema “ pembagian produk deverifikasi olahan ikan lele menjadi produk kaki naga untuk meningkatkan gizi pada warga” yang dilakukan secara door to door. Bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan kaki naga  adalah ikan lele. Latar belakang menggunakan ikan lele adalah ikan lele memiliki kandungan gizi yang tinggi dan mudah untuk didapatkan. Ikan lele memiliki potensi tinggi untuk dimanfaatkan menjadi produk olahan sehingga warga Rt 03 Rw 03 perlu adanya sosialisasi dan edukasi mengenai pengolahan produk perikanan.

Komoditas perikanan memiliki sifat yang mudah mengalami kerusakan , mudah mengalami kemunduran mutu, ikan juga memiliki bau amis yang kurang diminati oleh kebanyakan orang. Sehingga memerlukan proses pengolahan yang dapat memperpanjang masa simpan dan juga mengurangi bau amis pada ikan tersebut. Banyak produk olahan yang berasal dari hasil perikanan adalah salah satunya kaki naga.

View this post on Instagram

Produk yang sudah jadi

A post shared by dianlely (@dian_lely04) on

Kaki Naga Ikan Lele

Program ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi cara mengolah ikan menjadi sebuah produk yang memiliki nilai tambah (bernilai ekonomis) dan dapat meningkatkan nilai gizi selama pandemic COVID-19. yang dilakukan secara door to door dengan tetap memperhatikan protocol kesehatan. Sosialisasi yang diberikan tidak hanya cara pengolahan kaki naga ikan lele saja tetapi juga memberikan sosialisasi mengenai kandungan gizi yang terdapat didalam ikan lele.

View this post on Instagram

Proses pembagian produk dan sosialisasi

A post shared by dianlely (@dian_lely04) on

Sosialisasi Pembuatan Produk Kaki Naga

Manfaat yang didapat dalam sosialisasi pembuatan produk diverifikasi perikanan menjadi kaki naga secara door to door sangat berguna bagi warga Rt 03 Rw 03. Manfaat yang didapat adalah dari segi kandungan ikan lele yang memiliki kadar protein yang cukup tinggi hal ini baik untuk membaiki gizi terutama pada anak- anak. Hasil yang diharapkan dari pembagian olahan kaki naga ikan lele dan sosialisasi kepada warga dapat dijadikan peluang usaha untuk meningkatkan perekonomian dan juga dapat dijadikan sebagai makanan yang praktis dan bernutrisi selama pandemic.

penulis: Dian Noorlaely/26060117120022/Teknologi Hasil perikanan/FPIK/ UNDIP

Editor: Shary Charlotte, S.IP, M.A