Pedulikan Keselamatan Pengusaha Las, Mahasiswa Ini Lakukan Sosialisasi Terkait K3 Dan Dampak Lingkungan

penyerahan poster dan modul kepada pengusaha las Pak Kelik

Temanggung (1/08/2020) KKN tim 2 Universitas Diponegoro tahun 2020 kali ini bertajuk KKN pulang kampung karena adanya pandemic covid-19. Karena dilaksanakan di kampung halaman, maka pelaksanaan KKN di Kelurahan Manding dilakukan secara mandiri oleh Akbar Trihantoro mahasiswa fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang. Walaupun melakukan KKN seorang diri, tidak menyurutkan semangat pengabdian ia untuk mengabdi di wilayahnya tersebut.

KKN tim 2 Universitas Diponegoro tahun 2020 bertemakan ‘pemberdayaan masyarakat di tengah pandemic covid-19 berbasis pada tujuan pembangunan berkelanjutan’. Dari tema tersebut mahasiswa KKN ditugaskan untuk membuat 2 program kegiatan. Salah satu program kegiatan yang dilaksanakan oleh Akbar, Mahasiswa KKN Undip adalah sosialisasi terkait penerapan K3 dan dampak lingkungan. Tak hanya sosialisasi saja, mahasiswa ini juga memberikan modul dan poster untuk di tempelkan pada bengkel las untuk mengingatkan para pengusaha las agar dirinya selalu selamat dalam melakukan pekerjaannya.

Mahasiswa KKN Undip ini melakukan sosialisasi ke 3 pengusaha las yang ada di Kelurahan Manding. Yaitu usaha pengelasan milik bapak Agus, bapak Udi, dan bapak kelik. Ketiganya menekuni pengelasan terbilang sudah cukup lama. Singkat cerita dari bapak agus salah satu pemilik usaha pengelasan, bahwa dia sebelumnya bekerja las pada seseorang. Akan tetapi penghasilan yang tak tentu membuat dia bertekad untuk mempunyai bengkel las sendiri. Hal itu yang memotivasi beliau untuk mengembangkan usahanya tersebut sampai sekarang.

Proses Sosialisasi K3 pengelasan dan Dampak Lingkungan kepada Pengusaha las Pak Agus

Pak agus juga menceritakan bahwa sebenarnya pendapatan dari usaha pengelasan tersebut lumayan karena dari usaha las beliau dapat menghidupi keluarganya. Pak Agus sangat senang dengan adanya Mahasiswa KKN di kelurahan manding terlebih dengan bidang keilmuan Teknik yang mempelajari tentang pengelasan. “ Alhamdulillah mas kamu KKN disini. Saya sebenarnya sedang mencari cara agar bagaimana menghasilkan las dengan kualitas baik namun mengeluarkan biaya yang lebih minim. Kan kualitas bagus mempunyai nilai jual bagus juga kan mas. Kebetulan kamu sedang KKN disini jadi nanti bisa transfer ilmu yang saya belum tahu”. Kata bapak Agus, setelah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia.

Dengan pelaksanaan program kegiatan tentang K3 dan dampak lingkungan, Akbar berharap dapat memberikan manfaat untuk para pengusaha las. Terutama pada keselamatan diri para pengusaha las tersebut serta memberikan informasi tambahan seputar pengelasan untuk menambah pengetahuan para pengusaha las.

Direview Oleh: Maharani Patria Ratna