SAATNYA UKM DAN UMKM INDONESIA GO ONLINE

Pandemi Covid-19 dan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mengharuskan seluruh pelaku usaha mengoptimalkan platform digital agar tetap bertahan. Apalagi, pembatasan tatap muka dan pertemuan fisik juga membuat masyarakat mengubah kebiasaannya. Program yang ditujukan untuk membantu UMKM bertahan dari dampak Covid-19 itu mempermudah proses berjualan secara online. Kehadiran internet marketing memberikan solusi bagi pengembangan bisnis UKM UMKM. Pandemi Covid-19 berdampak pada UMKM yang mungkin belum memiliki kanal penjualan daring. Dengan internet marketing maka dapat memasarkan apapun, darimanapun dan oleh siapapun. Semarang, 02-08-20 mahasiswa KKN Undip bernama Aglenda Sherina melakukan edukasi UMKM pemasaran melalui media sosial yang dihadiri oleh UMKM Mekarsari Kelurahan Tegalsari. Antusias para ibu-ibu yang mayoritas pelaku UMKM sangat nampak karena masih banyak di antara mereka yang belum menggunakan media sosial sebagai platform pemasaran mereka. Aglenda Sherina pun mendorong para UMKM untuk menggunakan platform media sosial seperti facebook, instagram, shopee, tokopedia, dll agar dapat melebarkan pemasaran. Mahasiswa KKN ini pun juga mengajarkan untuk membuat dan menjalankan sosial media tersebut sehingga para pelaku usaha selanjutnya dapat menjalankan pemasaran nya sendiri dan inovatif.

Oleh: Aglenda Sherina; S1-Manajemen; FEB; Undip

Dosen PL: Bagus Rahmanda, S.H., M.H