Edukasi Protokol Kesehatan Covid-19 Pada Anak Melalui Media Permainan Ular Tangga Yang Menyenangkan

Semarang,Tembalang (02/08/2020). Mahasiswa Teknik Komputer Universitas Diponegoro yang tergabung dalam TIM II KKN Undip telah melangsungkan pembelajaran pencegahan COVID-19 melalui media permainan ular tangga kepada anak – anak Pesantren Al- Ishlah.

Foto Bersama Anak-anak Pesantren Al-Islah

Pembelajaran terhadap anak-anak dirasa masih kurang karena sulitnya memberikan penjelasan yang mudah dipahami dan dimengerti oleh anak-anak. Diharapkan melalui permainan ini anak-anak dapat mengerti dan memahami protokol Kesehatan yang sudah berlaku saat ini.

Belajar dan Bermain Bersama Anak-anak Putra

Kegiatan berlangsung selama 1 Jam dimana anak – anak diberikan sebuah papan ular tangga yang telah dibuat dan anak-anak bermain berpasangan dalam satu permainan. Papan ular tangga telah dimodifikasi dan cara bermain telah diadaptasikan sesuai dengan protokol Kesehatan dimana saat anak tersebut melemparkan dadu secara bergantian sama seperti cara bermain ular tangga pada umumnya namun jarak antar posisi lawan haruslah berjarak satu kotak dimana ini mengartikan jaga jarak dalam protokol Kesehatan. Kemudian apabila kedua pion berada dalam satu kotak yang sama maka keduanya akan mengalami kemunduran karena telah terkena pinalti. Papan ulartangga juga dilengkapi dengan protokol-protokol Kesehatan sehingga secara tidak langsung mareka akan membaca protokol Kesehatan yang ada di papan ular tangga.

Belajar dan Bermain Bersama Anak-anak Putri

Saat bermain anak-anak terlihat antusias dalam bermain dimana dengan bermain seperti ini dapat mengisi waktu luang anak dengan bermain  sesuai dengan protokol Kesehatan yang ada namun juga sekaligus mengedukasi anak-anak tentang cara menanggulangi covid-19.

Oleh: Petrick J E ( Teknik Komputer Undip)

Dosen KKN : Dr. Ir. Wiludjeng Roessali, M.Si