MAHASISWI UNDIP BERIKAN EDUKASI MENGENAI SAMPAH MIKROPLASTIK PADA ANAK-ANAK, TINGKATKAN KESADARAN MENJAGA EKOSISTEM SUNGAI DAN LAUT

Rambeanak, Magelang (23/7) sering ditemukannya sampah yang dibuang ke sungai menunjukkan masih rendahnya kesadaran warga mengenai bahaya budaya membuang sampah sembarangan. Kebiasaan membuang sampah yang benar sangat penting untuk diterapkan sejak dini. Selain dapat meningkatkan potensi banjir, sampah dapat hancur menjadi mikroplastik. Minimnya edukasi mengenai mikroplastik inilah mendorong Mahasiswi KKN Tim II UNDIP untuk memberikan edukasi mengenai mikroplastik.

Edukasi diberikan oleh Tsabita, Mahasiswi KKN Tim II kepada anak-anak RT 03 Rambenak III dengan memanfaatkan peraga, video serta poster. Materi edukasi meliputi penjelasan ekosistem dan organisme laut diikuti dengan pengertian, sumber serta bahaya dari mikroplastik. Kegiatan edukasi diakhiri dengan penjelasan cara membuang sampah yang benar serta kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengurangi penggunaan plastik. Selama kegiatan belangsung anak-anak dengan antusias mendengarkan penjelasan yang diberikan.

Contoh Poster Edukasi yang Digunakan
(Sumber: Galeri Penulis)

Edukasi mengenai mikroplastik ini menapatkan respon yang baik dari anak-anak. Banyaknya pertanyaan yang diberikan menunjukkan bahwa bahasan mengenai mikroplastik oleh anak-anak RT 03 Rambeanak III masih sangat awam dan sangat penting memberikan edukasi ini sedini mungkin.

Pemberian Materi Edukasi
(Sumber: Galeri Penulis)

Pelaksanaan program ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran warga mengenai pentingnya membuang sampah pada tempatnya untuk melindungi ekosistem sungai dan laut.

Penulis: Tsabita Nur Adnani (26040117130058/ Ilmu Kelautan/ Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan) Universitas Diponegoro

Editor: dr. Farmaditya Eka Putra, M.Si., Ph.D