KKN DI KAMPUNG SENDIRI SAAT PANDEMI, MAHASISWA UNDIP SOSIALISASIKAN ADAPTASI KEBIASAAN BARU

TANGERANG,BINONG (18/7) Mahasiswa UNDIP yang tergabung dalam Tim II KKN UNDIP diterjunkan untuk melakukan pengabdian masyarakat di kampung atau daerah sendiri pada tanggal 5 Juli 2020 – 15 Agustus 2020. Kegiatan dilakukan secara individu dikarenakan adanya Pandemi COVID-19. Salah satu desa yang menjadi tempat dilaksanakannya KKN ialah Desa Binong, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, tepatnya di Perumahan Binong Permai RT012 RW012.

Kegiatan awal yang dilakukan oleh mahasiswa di daerah Perumahan  Binong Permai RT012 RW012 tentunya melakukan perijinan kepada Lurah dan juga Ketua RT setempat. Kegiatan ini dilakukan untuk meminta ijin sekaligus untuk mengetahui bagaimana kondisi yang ada pada daerah tersebut sehingga mahasiswa dapat menyusun Rencana Program KKN yang akan dilakukan di daerah tersebut.

Perijinan dan Diskusi dengan Ketua RT

Selain meminta ijin, Mahasiswa UNDIP juga sedikit berbincang dengan Pak Hizkia selaku Ketua RT012, beliau mengatakan bahwa daerah RT012 merupakan daerah yang masih cukup aman dan terhindar dari COVID-19, akan tetapi tetap diperlukan adanya himbauan kepada warga setempat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan sehingga terhindar dari penyakit yang sedang melanda dunia ini.

“Kalau daerah sini sih termasuk daerah yang cukup aman sih ya mas, tapi ya harus tetap diingatkan warganya supaya mematuhi protokol kesehatan saja biar tetap aman gitu”, imbuh Pak Hizkia atau yang biasa disapa Pak Edo.

Berdasarkan diskusi dengan beliau maka mahasiswa UNDIP berinisiatif untuk melakukan sosialisasi serta pembagian masker secara gratis kepada warga setempat yang rencananya akan dilaksanakan pada minggu ke-3 jadwal KKN.

Minggu pertama dan minggu kedua dihabiskan mahasiswa dengan melakukan observasi serta mendesain poster yang akan disosialisasikan kepada warga. Selain itu dilakukan pula pembelian masker yang nantinya akan dibagikan kepada warga sekitar RT012 RW012.

Setelah melakukan berbagai persiapan, mahasiswa melakukan program pertama yaitu sosialisasi dan pembagian masker secara door to door kepada warga sekitar RT012 RW012. Sosialisasi dilakukan dengan membawa poster serta memberikan penjelasan kepada warga sekitar mengenai “Adaptasi Kebiasaan Baru” yang diharapkan mampu meningkatkan kesadaran warga mengenai adanya virus dan senantiasa mematuhi protokol kesehatan.

Sosialisasi dan Pembagian Masker

Ditulis oleh : Kahfie Al Bayan – 24040117140010 – FISIKA – FSM

RT012 RW012, Kelurahan Binong, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang

Dosen Pembimbing : Dr. Ana Silviana, SH, M.Hum.