Mahasiswa Undip Sosialisasikan Literasi Pembukuan Sederhana untuk Tingkatkan Ketahanan Usaha di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

Tanjungsari, Sumedang (06/08/2020) – KKN yang telah dimulai dari 5 Juli 2020 hingga 15 Agustus 2020 ini mempunyai tema “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s)”.

Di kelurahan Jatisari banyak masyarakat yang mempunyai usaha pribadi, namun banyak juga yang tidak melakukan pembukuan sehingga mereka tidak tahu berapa keuntungan atau laba yang didapatkan. Selain itu, uang yang didapatkan dari hasil usaha tercampur dengan uang pribadi yang mereka miliki. Maka dari itu, mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN di desa tersebut membuat program penyuluhan terkait pentingnya pembukuan bagi masyarakat yang mempunyai usaha pribadi.

Pentingnya pembukuan disebabkan beberapa faktor, seperti: Sebagai Perencana, Sebagai Alat Penilaian, Alat untuk Pengambil Keputusan, Alat untuk Mengetahui Keuntungan dan Kerugian, Alat untuk Mengontrol Biaya, Untuk Informasi Manajemen, dan Untuk Mempermudah Mendapatkan Pinjaman Bank. Kegiatan tersebut berjalan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di tengah pandemi Covid-19 ini, seperti melakukan secara sosialisasi door-to-door ke beberapa toko/warung dan juga melakukan penyuluhan secara langsung di balai desa dengan peserta yang di batasi untuk mematuhi peraturan yang ada. Hal ini disambut antusias oleh peserta penyuluhan yang mana mereka adalah pemilik usaha yang berada di daerah ini. Selain menjelaskan terkait pentingnya pembukuan, Mahasiswa tersebut juga mengenalkan sebuah aplikasi pembukuan sederhana yang bernama ‘Catatan Keuangan’ yang dapat di download melalui Play Store secara gratis.

‘Bersama Peserta Penyuluhan’
Sumber : Galeri Penulis

Tujuan dari program tersebut adalah untuk meningkatkan kesadaran betapa pentingnya pembukuan bagi para pemilik usaha. Hal ini bermanfaat bagi pemilik usaha yang ingin melihat pertumbuhan usahanya dari tahun ke tahun. Harapannya setelah penyuluhan ini dilaksanakan, para pemilik usaha dapat menyadari bahwa pembukuan itu sangat penting dan harus dilaksanakan.

‘Memperkenalkan Aplikasi Pembukuan Sederhana’
Sumber : Galeri Penulis

Oleh: Magenta Rahma U S – Akuntansi, FEB, Universitas Diponegoro.

Dosen KKN : Kustopo Budiraharjo, M.P.