Pemanfaatan Media Online untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Desa Tualang
Tualang, Siak (25/07/2020) – Pada minggu ketiga bulan Juli telah diadakan kegiatan edukasi mengenai pemanfaatan media online untuk meningkatkan pemasaran produk UMKM Desa Tualang. Kegiatan tersebut merupakan salah satu program monodisiplin dari salah satu mahasiswa KKN di Desa Tualang, yaitu Elga Vania Sihaloho dari Jurusan Teknik Industri Universitas Diponegoro. Kegiatan diadakan di wilayah UMKM Sekar Sari dan dihadiri oleh pemilik dan para pekerja UMKM tersebut. Kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan karena UMKM Sekar Sari merupakan UMKM yang memiliki prospek yang baik, mengingat along-along sangat dibutuhkan oleh banyak tipe konsumen, seperti para pedagang, tukang rumput, pengangkut sawit, dan lain-lain. Namun, mayoritas para pekerja belum begitu mengerti bagaimana cara memasarkan produk mereka secara online.
Media online merupakan semua jenis situs web (website) dan aplikasi, termasuk situs berita, situs perusahaan, web lembaga/instansi, situs jualan online (e-commerce/online store), media sosial, blog, email, Instagram, WhatsApp, Line, dan lain-lain. Media online memiliki banyak manfaat dalam pengembangan kualitas UMKM, seperti sebagai sarana promosi, tidak ada batasan geografis, biaya lebih terjangkau, memudahkan pencarian bagi pelanggan, dapat bekerja sepanjang waktu, dan memperoleh feedback (kritik dan saran) dari pelanggan. Kegiatan dilakukan dalam bentuk sosialisasi dan pemberian modul panduan yang dapat memudahkan pihak UMKM untuk memahami materi yang dijelaskan.
Nama: Elga Vania Sihaloho
Prodi: Teknik Industri, Fakultas Teknik
Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Ir. Florentina Kusmiyanti, M.Sc.
Lokasi KKN: Desa Tualang, Kabupaten Siak, Riau