Omset Bisnis Turun dikala Pandemi, Mahasiswa Undip Ajak Masyarakat Untuk Optimalkan Instagram Ads Sebagai Salah Satu Cara Promosi di era Pandemi Covid-19.

Pemaparan Materi

Omset Bisnis Turun dikala Pandemi, Mahasiswa Undip Ajak Masyarakat Untuk Optimalkan Instagram Ads Sebagai Salah Satu Cara Promosi di era Pandemi Covid-19.

Semarang (07/08/2020). Salah satu mahasiswa Universitas Diponegoro yang tergabung dalam Tim II KKN Undip 2020 di Kelurahan Pedalangan Kecamatan Banyumanik Kota Semarang mengenalkan fitur Instagram ads kepada masyarakat rw 05 pedalangan yang mayoritas sebagai pelaku UMKM. Menurut Farrel (Mahasiswa Undip), masyarakat rw 05 mengeluhkan turunnya omset penjualan selama pandemi. Hal ini dikarenakan tidak adanya lagi event event pameran yang biasanya mereka ikutkan sebagai salah satu media promosi hal ini mengakibatkan turunnya omset penjualan produk UMKM masyarakat setempat. Oleh sebab itu menurut Farrel, masyarakat perlu mengambil langkah strategis untuk mensiasati kondisi pandemi saat ini, salah satunya adalah dengan mengoptimalkan peran Instagram ads sebagai lengkah promosi yang tepat dan efektif. Untuk mengoptimalkan tersebut Farrel dengan nama lengkap Muhammad Farrel Radiand Mirza melakukan sosialisasi kepada pelaku UMKM mengenai bagaimana cara mengunakan fitur Instagram ads yang efektif dan minim biaya tetapi maksimal mendatangkan konsumen baru.

Tujuan dilaksanakan program ini adalah mengenalkan sekaligus memaksimal fitur Instagram ads kepada para pelaku UMKM. Kondisi saat ini yang serba digital apalagi ditengah pandemi saat ini memang perlu memaksimal media digital sebagai pemasaran produk UMKM. Instangram ads adalah media yang tepat dan sangat cocok untuk para pelaku UMKM. Materi sosialisasi yang diberikan adalah mulai dari tahapan awal yaitu membuat Instagram untuk bisnis, pemasangan iklan hingga strategi bagaimana memaksimalkan iklan tersebut.

Pelaksanaan sosialisasi Instagram ads dilaksanakan dengan baik pada hari Rabu 29 Juli 2020. Para peserta sosialiasi diwakili oleh masing-masing ketua UMKM yang berjumlah 7 warga rw 05. Para peserta mengikuti kegiatan dengan serius dan antusias. Kegiatan sosialisasi ditutup dengan tanya jawab serta sharing antar pelaku UMKM, harapannya kedepan para pelaku UMKM dapat mengoptmalkan Instagram ads sebagai media promosi yang efektif dan efisien

Oleh: M Farrel Radiand Mirza

dibawah bimbingan Dr. Eng. Agus Setyawan, S.Si, M.Si