Untuk Memperluas Segmen Pasar, Mahasiswa KKN Undip Memperkenalkan Social Media Marketing Kepada UMKM di Kelurahan Cibubur Jakarta Timur

Cibubur, (08/08/20) – Seperti yang kita ketahui semenjak adanya Pandemi COVID-19 ini, perekonomian masyarakat Indonesia menurun. Hal ini disebabkan oleh adanya peraturan mengenai himbauan untuk tetap di rumah saja, hal ini berdampak kepada para pelaku UMKM di Kelurahan Cibubur yang sasarannya hanya penduduk lokal saja. Oleh sebab itu perlu diadakannya edukasi yang bertujuan untuk memperluas segmen pasar. Maka dari itu Fanny Maulita Sofianingsih selaku Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro, memberikan edukasi mengenai pemasaran dengan menggunakan media sosial. 

Edukasi ini bertujuan untuk memudahkan para pelaku UMKM dalam memasarkan produknya serta untuk memperluas segmen pasar. Karena dengan pemasaran melalui media sosial media kita dapat menjangkau target pasar yang lebis luas, dengan media sosial para pelaku UMKM ini juga dapat mengetahui apa yang di inginkan oleh konsumen serta mendapatkan masukan yang digunakan untuk meningkatkan mutu produk dan pelayanan. Memasarkan produk melalui media sosial juga dapat mengurangi pelaku UMKM berkontak langsung dengan para konsumennya, guna mencegah adanya penyebaran COVID-19.

Edukasi ini dilakukan dengan cara mendatangi rumah warga (door to door) yang memiliki UMKM di lingkungan RT 11 RW 10 Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Edukasi ini berlangsung selama 3 hari yaitu pada tanggal 4-6 Agustus 2020, dari edukasi ini diharapkan para pelaku UMKM mendapatkan informasi mengenai Social Media Marketing yang dapat digunakan untuk tetap melakukan pemasaran ditengah pandemi COVID-19 ini serta dapat memperluas segmen pasar mereka. Dengan memasarkan produk melalui media sosial pelaku UMKM tidak lagi kesulitan untuk mempertahankan usahanya di saat pandemi seperti ini, cukup memasarkan produk melalui media sosial dan melakukan komunikasi dengan para konsumennya melalui media sosial (Fanny Maulita Sofianingsih),

Editor: Dr. Sunarno, S.Si, M.Si