Edukatif: Mahasiswa KKN Undip Ajarkan Para Ibu Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Anak

Pelaksanaan program dengan salah satu ibu peserta kegiatan Posyandu

Blok Ganeas, Majalengka (22/07/2020) – Setelah Pemerintah menyatakan bahwa Indonesia sudah memulai masa adaptasi kebiasaan baru, kegiatan Posyandu di beberapa wilayah Jawa Barat telah dibuka kembali salah satunya di Desa Ganeas, Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka. Kegiatan Posyandu tersebut diadakan selama dua hari di dua blok desa, yaitu Blok Cigowong dan Blok Ganeas. Berbeda dengan kegiatan Posyandu sebelumnya, saat ini para ibu yang datang ke Posyandu harus mengikuti standar protokol kesehatan yang berlaku, yaitu menggunakan masker dan membawa alas sendiri dari rumah masing-masing.

Mahasiswa KKN Undip tentu tidak melewatkan kesempatan ini untuk melakukan edukasi mengenai kesehatan gigi dan mulut kepada para ibu, program ini dilakukan berbasis pada SDGs poin ketiga yaitu good health and well being. Tujuan dari program ini adalah mengajarkan anak sedini mungkin melalui ibunya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, agar meminimalisir gangguan gigi dan mulut yang dapat terjadi di masa yang akan datang.

Kegiatan yang dilakukan mahasiswa KKN Undip adalah membagikan brosur yang berjudul “Panduan Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Anak” dan menjelaskannya secara singkat kepada para ibu satu per satu, kemudian memberikan souvenir sikat gigi dan pasta gigi anak serta flyer cara menyikat gigi yang benar. Setelah dilakukannya edukasi, para ibu diminta untuk mengisi post test mengenai kepahaman terhadap materi yang diberikan oleh mahasiswa KKN Undip. Meskipun kegiatan Posyandu sangat sibuk, namun antusiasme para ibu terhadap program KKN ini sangat baik dan partisipatif saat dilakukan edukasi.

Pelaksanaan program door to door dengan salah satu warga RT 12

Selain melakukan edukasi kepada para ibu di posyandu, mahasiswa KKN Undip juga melakukan edukasi door to door ke para tetangga yang memiliki anak kecil di sekitaran RT/RW 12/06 dengan menggunakan flipchart dan brosur, selain itu mahasiswa juga mencontohkan bagaimana cara menyikat gigi yang benar dengan menggunakan alat peraga kepada ibu dan anaknya.

Nama: Nabila Nurul Aina Prayoga

Editor: Solikhin, S.Si, M.Sc