KKN di Kampung Sendiri, Mahasiswa Undip Kaget Tetangga Tidak Taat Protokol

Tuban (30/07), Terhitung sejak tanggal 05 Juli 2020, Universitas Diponegoro melepas mahasiswanya dalam pelaksanaan kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Tim 2. KKN kali ini sangat berbeda dari biasanya, hal ini dikarenakan adanya pandemi Covid-19 sehingga mengharuskan mahasiswanya untuk melaksanakan kegiatan tersebut di daerah asalnya masing-masing. Oleh sebab itu, banyak warga yang menyebut KKN kali ini sebagai KKN Pulang Kampung. Tema yang diusung pada KKN kali ini pun cukup menarik yaitu, “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Setelah beberapa bulan mengistirahatkan segala aktivitas yang ada di masyarakat, akhirnya pemerintah menerapkan sebuah kebijakan tatanan baru yang diberi nama “New Normal”. Dengan diberlakukannya new normal ini kondisi Desa Patihan menjadi semakin ramai, banyak masyarakat yang memutuskan keluar rumah, sekedar hanya untuk berolahraga, jalan-jalan maupun berkumpul bersama teman. Namun, masih banyak dijumpai masyarakat yang tidak menaati protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah, hal ini ditandai dengan adanya masyarakat yang tidak mengenakan masker saat bepergian, tidak menerapkan physical distancing maupun social distancing. Untuk itu perlu diadakan edukasi kepada seluruh masyarakat sebagai bentuk pencegahan penyebaran Covid-19.

Salah satu mahasiswi KKN Undip yang bertempat di Desa Patihan berinisiatif mengadakan suatu program kegiatan yautu “Komunikasi, informasi dan edukasi masyarakat tentang pencegahan Covid-19 dan persiapan menghadapi era new normal”. Program ini diadakan untuk mengedukasi masyarakat Desa Patihan khususnya warga RT.02/RW.03 mengenai bagaimana mencegah penyebaran Covid-19 dan persiapan menghadapi era new normal. Agar edukasi yang diberikan tersampaikan secara maksimal, sosialisasi ini dilakukan secara langsung dengan metode door to door dan tetap melaksanakan protokol yang telah dianjurkan pemerintah.

Penulis : Alif Nurul Habibah / Fisika / Fakultas Sains dan Matematika