Ajak Warga Kelurahan Malaka Jaya Waspada Covid-19, Mahasiswa Undip Bantu dengan Membuat Program Edukasi Masyarakat Berbasis Infografis Data

Malaka Jaya, Jakarta Timur (09/8) – Merujuk pada data milik Pemprov DKI Jakarta, ada beberapa Rukun Warga (RW) di Kelurahan Malaka Jaya yang masuk dalam kategori zona merah. Wilayah masuk dalam kategori zona merah yakni RW 09 dan RW 05. Lurah Malaka Jaya Muhammad Hardi mengatakan, kekinian RW 05 sudah tidak lagi masuk ke dalam kategori zona merah. Sebab, risiko penyebaran virus corona di wilayah tersebut sudah menurun. Lurah setempat juga menerangkan, di wilayah RW 05 memang sempat ditemukan kasus Covid-19. Hanya saja, saat ini kasus Covid-19 di wilayah tersebut sudah berkurang dan ada pasien yang sudah dinyatakan sembuh. Upaya pencegahan penularan Covid-19 terus dilakukan khususnya oleh RW 05, Kelurahan Malaka Jaya. Ketua RW.05 serta tim gugus tugas pencegahan Covid-19 di wilayah tersebut memang terbilang aktif dalam upaya penekanan angka kejadian Covid-19 dengan berbagai program yang dijalankan seperti setiap gang atau masing-masing Rukun Tetangga (RT) ditutup portal sehingga akses menuju setiap gang cuma boleh dilalui oleh warga sekitar dan rutin melakukan penyemprotan disinfektan.

Namun, disadari dalam hal penyebaran informasi berupa data masih sulit untuk sampai ke masyarakat dalam artian masyarakat tidak cukup tertarik dan beberapa masih tidak begitu paham untuk membaca informasi berupa angka atau data yang dikemas apa adanya dari sumber informasi yaitu Dinkes maupun pihak dari Kelurahan atau Kecamatan. Menanggapi hal tersebut, Mahasiswa peserta KKN Tim II Periode 2020 Universitas Diponegoro, Universe (20) Mahasiswi UNDIP jurusan Statistika yang sedang melaksanakan KKN di wilayah RW.05 telah melaksanakan program kerja keduanya yaitu “Penyajian Data dengan Visual yang Memikat dalam Bentuk Infografis Terkait Covid-19 di Kelurahan Malaka Jaya”. Dimana data baku dari https://corona.jakarta.go.id/id akan diolah dan ditampilkan dalam bentuk visualisasi data yang menarik sehingga masyarakat akan lebih tertarik membaca dan masyarakat yang tidak paham atau awam dalam membaca data sekalipun dapat dengan mudah membaca informasi berbasis data tersebut.

Dengan infografis ini, diharapkan dapat menambah wawasan masyarakat daerah setempat terkait informasi terkini mengenai Covid-19 Kelurahan Malaka Jaya  sehingga dapat meningkatkan kesadaran warga akan bahaya penularan Covid-19 dan juga merupakan salah satu bentuk upaya penekanan angka kejadian Covid-19 khususnya di wilayah Kelurahan Malaka Jaya.

Oleh: Universe (Statistika)

Editor: Dr. Sunarno, S.Si., M.Si.