Maksimalkan Potensi Desa, Mahasiswa KKN Undip Adakan Pelatihan Pengolahan Ikan bagi Pemuda Desa

Pati, Bakaran Wetan (27/7/2020) – Desa Bakaran Wetan merupakan desa dengan potensi perikanan yang cukup besar. Salah satunya adalah adanya budidaya ikan lele yang cukup banyak. Hal ini dapat dijadikan sebagai peluang usaha dengan membuat makanan olahan berbasis ikan lele. Adanya usaha pengolahan ikan nantinya akan memberikan banyak manfaat kepada para warga mulai dari petani lele, pengolah, dan pembeli. Biasanya ukuran lele yang dijadikan bahan baku makanan olahan adalah yang memiliki ukuran besar, sedangkan ikan dari petani yang memiliki ukuran melebihi ukuran pasaran harganya akan rendah bahkan tidak terjual. Sehingga hal ini menguntungkan petani karena ikan yang berukuran besar tetap dapat terjual dengan harga sesuai. Keuntungan sisi pengolah adalah dapat membuka peluang usaha baru yang belum ada di Desa Bakaran Wetan dan untuk meningkatkan perekonomian. Keuntungan dari sisi pembeli adalah mendapatkan olahan ikan yang praktis dan dapat mengonsumsi ikan dengan cara mudah tanpa mengurangi gizi ikan yang didapat.

Gambar 1. Dokumentasi Potensi Tambak Lele

Potensi yang besar ini mendorong Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro memberikan pelatihan kepada para pemuda desa Bakaran Wetan untuk mengolah ikan lele menjadi berbagai produk. Pelatihan dilakukan di rumah dengan peserta 6 orang pemuda desa Bakaran Wetan. Pelatihan yang diberikan adalah mengolah ikan lele menjadi nugget, otak-otak, dan kripik kulit lele. Mulai dari cara penanganan awal ikan lele hidup, pemfilletan, hingga pengolahan menjadi produk. Pelatihan ini dilakukan secara langsung  bersama para pemuda dengan mencoba secara langsung bagaimana pengolahan yang dilakukan.

Gambar 2. Dokumentasi Pelatihan Pengolahan Ikan Lele
Gambar 3. Dokumentasi Produk Hasil Pelatihan

Adanya pelatihan ini diharapkan para pemuda dapat membuka peluang usaha baru yang belum ada di desa Bakaran Wetan dan dapat meningkatkan perekonomian.

Penulis : Tika Dwi Pratiwi, Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

Editor : Muhyidin

#KKNPatiMandiri