Penjualan UMKM Menurun dikala Pandemi, Mahasiswa UNDIP Lakukan Penyuluhan Membuat Konten Menarik di Media Sosial Instagram sebagai Tempat Promosi
KKN Pulang Kampung merupakan konsep yang diusung oleh tim panitia KKN Universitas Diponegoro pada tahun ini dikarenakan pandemi corona. KKN ini bertema “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis Pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan SDGs”. KKN ini dilakukan di desa mahasiswa itu sendiri, salah satu lokasi KKN adalah Desa Sidoarum, Godean, Sleman, DIY yang dilakukan pada tanggal 5 Juli 2020-15 Agustus 2020.
Pada hari Minggu (9/8), telah dilaksanakan sosialisasi dan pemberian poster yang berisi tentang pembuatan konten menarik di media sosial Instagram kepada para pelaku UMKM yang dilakukan oleh mahasiswa UNDIP. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar para pelaku UMKM mengerti cara membuat konten menarik di Instagram yang dapat digunakan sebagai media promosi. Dengan begitu penjualan UMKM akan meningkat, mengingat dikala pandemi ini penjualan produk mereka menurun khususnya di bidang makanan. Hal ini dikarenakan, masyarakat lebih memilih untuk membuat makanan sendiri yang dinilai lebih aman dan higienis
Media sosial Instagram dipilih sebagai tempat promosi, dikarenakan pengguna dari Instagram berjumlah hampir 60 juta jiwa (sumber: tekno kompas). Serta cara mengoperasikannya juga lebih praktis jika dibandingkan dengan media sosial lain. Hanya dengan memposting foto kemudian diberi sedikit keterangan sesuai kebutuhan lalu upload.
Penulis: Surya Satya Darma
Editor: Hendrik A.S.