Antusiasme Edukasi Pemasaran melalui Produk dan Merek Usaha Rumahan

Penulis : Thadaffa Yusuf A
Dosen Pembina : Ir. RTD. Wisnu Broto, MT
SRONDOL KULON (10/08) – Mahasiswa Tim II KKN UNDIP 2020 melakukan rangkaian kegiatan pengedukasian bagaimana melakukan pemasaran melalui produk dan merek. Thadaffa Yusuf, seorang mahasiswa jurusan S-1 Manajemen yang diampu oleh DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) IR. R.T.D Wisnu Broto, MT ini berkesempatan untuk melakukan pendampingan dan pengembangan salah satu Usaha Rumahan yang berada di lingkungan RW IV Srondol Kulon. Kontribusi penuh yang dilakukan oleh mahasiswa manajemen ini berbuah manis. Banyak perubahan pesat yang terjadi pada bisnis rumahan RW IV Srondol kulon diantaranya menentukan nama usaha dan Logo usaha (BUWAH), Penentuan desain kemasan melalui botol bermerek, Pembuatan Catalog menu, dan pembuatan alat pemasaran berupa Banner MMT.

Tidak hanya itu, pelaksana mengadakan semacam penyuluhan dan Bisnis Consulting kepada sasaran pelaku usaha mengenai bagaimana cara meningkatkan minat pembelian dan meramal tren permintaan pasar.“Dengan adanya pendampingan dan pengembangan unit usaha, saya merasa terbantu dan diarahkan dalam menjalankan bisnis khususnya bidang pemasaran. Peran mahasiswa sangatlah krusial dalam menyadarkan saya sebagai salah satu pelaku usaha untuk gencar memperoleh pasar dan meningkatkan penjualan salah satunya melalui Pemasaran melalui produk dan merek” Ujar Bu dyah pemilik usaha
