MAHASISWA UNDIP AJAK WARGA DENGAN PROGRAM SIBIRU: ADAPTASI KEBIASAAN BARU

Semarang (30/7) – RW 09 Kelurahan Krapyak, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah jadikan sebagai salah satu Kampung Siaga Covid di wilayah Semarang Barat. Terlihat dari kesadaran warganya sudah banyak yang menerapkan protokol kesehatan dengan baik, namun masih terdapat beberapa yang terkadang lupa menetapkan protokol tersebut. Bersamaan dengan diskusi dengan Lurah Krapyak, Hendro Wahono perlu diadakannya pemerataan pemasangan fasilitas cuci tangan di masing-masing rumah warga RW 09. Maka dari itu, mahasiswa KKN Undip berinisiatif memberikan fasilitas cuci tangan ke beberapa rumah warga yang belum memiliki fasilitas cuci tangan di depan rumahnya. Kegiatan berlangsung selama 2 hari, dibagikan ke 5 warga yang sekiranya membutuhkan. Namun, ada beberapa tapi rumahnya kosong sehingga dirasa tidak perlu dibagikan fasilitas tersebut. Harapannya untuk menyempurnakan protokol kesehatan sehingga warga dapat menerapkan di era new normal ini dengan baik dimulai dari cuci tangan sebelum memasuki rumah.(20/07)

Selain itu, untuk mengisi waktu luang anak diera pandemi, mahasiswa KKN Undip ini juga mengajak anak untuk belajar bercocok tanam. Target sasaran pada kegiatan ini yaitu anak anak usia 5-13 tahun. Kegiatan dilaksanakan pukul 07.00  di serambi masjid nurul iman dengan ruangan terbuka yang memiliki ventilasi yang cukup. Media tanam didapatkan dari salah satu warga yang memiliki kebun pangan di RW 09 Kelurahan Krapyak. Kegiatan dimulai dari persiapan pot tanaman, memasukkan benih tanaman cabai, hingga memasukkan pupuk ke dalam pot. Kegiatan berlangsung lancar, tetap dengan protokol kesehatan yang berlaku dengan tetap menjaga jarak, mencuci sebelum dan setelah melakukan kegiatan. Pada akhir acara anak-anak difoto untuk didokumentasikan.

Lalu, mahasiswa KKN Undip juga melakukan program gabungan bersama Ketua RW 09 yaitu gowes bersama se-RW 09 Kelurahan Krapyak. Kegiatan untuk menjaga kekompakan dan tetap menjaga daya tahan tubuh warga RW 09. Kegiatan dilaksanakan minggu pagi  pukul 06.00 (19/07). Diawali kumpul di balai RW 09 sesuai protokol kesehatan. Rute yang dilewati dari Jalan Kalibanteng, PRPP, Tugumuda, lalu Kembali ke rumah masing-masing. Gowes sehat itu dilakukan sejak pagi untuk menghindari kontaminasi udara di jalan raya. Kegiatan berjalan lancar sesuai protokol kesehatan. Rencananya akan tetap diadakan setiap minggu kedepannya menggunakan seragam RW 09 yang sudah dibuat oleh salah satu warga RW 09. (YS)